11 Ribu Jiwa di Kota Pahlawan Idap HIV/AIDS

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mencatat ada sekitar 11 ribu jiwa yang diketahui mengidap HIV/AIDS di Kota Pahlawan, Surabaya. Angka tersebut merupakan akumulasi sejak 2005 hingga 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, pengidap HIV/AIDS cenderung naik. Kecenderungan kenaikan itu bukan karena tidak adanya penanganan. Namun karena pihaknya terus aktif mencari para pengidap penyakit yang menyerang kekebalan tubuh itu.

“Kita harus menemukan dari awal. Begitu kita ketemu langsung melakukan pengobatan, diberikan edukasi supaya tidak menularkan. Kasus baru bisa jadi yang tertular,” kata Febria, Selasa 21 Mei 2019.

Karena ditemukan dan mendapat penanganan dengan baik, lanjutnya, angka kematian yang disebabkan HIV/AIDS dapat ditekan. “Kematian nggak sampai satu persen, asal dia rajin minum obat secara berkelanjutan terus nggak ada jeda. Itu yang bertahan,” katanya.

Menurut Fenny, hampir seluruh Puskesmas yang ada di Surabaya sudah dapat melakukan pemeriksaan dan diagnosa HIV/AIDS. Sedangkan yang bisa mengobati sudah ada 10 Puskemas.

“Surabaya 63 Puskesmas sudah bisa memeriksa dan diagnosa. Untuk mengobati 10 Puskesmas. Karena tidak semua. Awalnya 4 Puskesmas sekarang sudah 10 seperti di Puskesmas Dupak, Putat, Sememi, Perak Timur, Kedurus, Jagir, Kedungdoro, Keputih, Kali Rungkut, Kali Kedinding,” katanya.

Sedangkan untuk rumah sakit ada sembilan yang sudah mampu mengobati seperti RS Soewandi, Soetomo, RSAL, Haji, Paru, Bayangkara, Menur, dan Unair.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini