10 Ribu Vaksinator TNI Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebanyak 10 ribu vaksinator virus corona diterjunkan oleh Mabes TNI untuk membantu kementerian kesehatan (Kemenkes) demi tercapainya percepatan vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Kapuskes TNI, Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan program sertifikasi vaksinator prajurit TNI dilakukan mulai 2 hingga 4 Maret 2021.

“Totalnya genap 10 ribu akan tersertifikasi vaksinator di jajaran TNI baik AD, AL, AU,” katanya di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 3 Maret 2021.

Dia menegaskan, pihaknya siap membantu Kemenkes dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Persiapan pun telah dilakukan dan tinggal menunggu koordinasi selanjutnya.

“Ini vaksinator ini betul-betul kita gerakkan untuk melaksanakan percepatan vaksinasi yang sudah diprogramkan oleh pemerintah dalam hal ini kebijakan Kemenkes,” katanya.

Lebih lanjut, sejauh ini ditargetkan ada satu juta penduduk Indonesia yang telah divaksin. Diharapkan dalam kurun waktu satu tahun operasi vaksinasi dapat selesai secara keseluruhan.

“Dan ini sangat penting untuk terciptanya konsep komunal imunitas atau herd immunity, di mana minimal 70 persen dari masyarakat Indonesia tervaksinasi Covid-19. Sehingga ini suatu upaya untuk mempercepat penyelesaian pandemi ini. Kita harapkan dengan vaksinasi ini pandemi akan segera berakhir,” katanya.

Mabes TNI sendiri menggelar vaksinasi untuk para prajurit sebagaimana kebijakan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam tahap dua yakni diperuntukkan kepada petugas publik. Acara tersebut digelar di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Tugas menyampaikan, sasaran untuk vaksinasi hari ini diharapkan mencapai 1.500 prajurit.

“Kita harapkan hari ini bisa 1.500, tapi tadi sasaran ditetapkan 1.200. Tapi nanti kalau kecukupan waktu tentunya 1.500 bisa laksanakan,” katanya.

Menurutnya, Kemenkes menyediakan vaksin untuk prajurit TNI sebanyak 125 ribu dosis. Hingga empat hari ke depan, diharapkan 9.396 prajurit telah menerima vaksin.

“Utamanya memang di seluruh jajaran TNI untuk para Babinsa, Babinpotmar, dan Babinpotdirga. Karena mereka kita latih sebagai tracer. Ini adalah sasaran prioritas saat ini sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang sudah ditentukan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini