Teori Penyebab Donat Punya Lubang di Bagian Tengahnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa sih yang tidak suka donat?  kue yang satu ini memang terkenal lezat dan sudah mendunia. Seperti yang kita tahu, donat punya bentuk unik seperti cincin dengan lubang di bagian tengahnya. Tampilannya menarik dengan aneka topping di atasnya.

Sampai sekarang masih simpang siur mengenai sejarah bagaimana donat bisa berbentuk cincin dengan lubang di tengahnya. Cerita yang paling ramai terdengar mengatakan bahwa, waktu itu ada seorang nahkoda yang sedang mengendarai kapal sambil memakan donat. Ia merasa kesulitan jika harus mengemudi kapal sambil makan. Hingga akhirnya donat ditancapkan ke salah satu pegangan besi sehingga menimbulkan lubang pada bagian tengah donat.

Selain itu, masih ada beberapa versi lain yang mengatakan bagaimana lubang pada donat bisa terbentuk. Intinya, lubang tersebut berfungsi agar donat lebih cepat matang, sebab apabila donat tengahnya tidak dilubangi, bagian luar akan lebih cepat matang daripada bagian dalamnya.

Gerai atau toko yang menjual donat dapat dengan mudah kalian temukan di berbagai negara di seluruh penjuru dunia, baik berupa kedai kecil ataupun restoran besar. Tapi, sebenarnya donat bisa kalian coba buat sendiri di rumah lho. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah dan harganya terjangkau. Di antaranya tepung terigu, gula, garam, telur, vanili, baking powder, susu, ragi dan air.

Nantinya bahan-bahan tersebut dicampur menjadi adonan sambil diuleni dengan dipukul-pukul dan dibanting hingga adonan menjadi rata, lembut dan kalis. Ada juga yang mencampurkan adonannya dengan kentang sehingga menambah kelezatan donat itu sendiri. Jika sudah, diamkan adonan sambil ditutup dengan kain basah hingga adonan tersebut mengembang dua kali lipat.

Selanjutnya, adonan akan dibentuk seperti cincin dengan lubang di tengahnya, baik itu menggunakan mesin ataupun manual dengan tangan. Setelah itu, adonan donat yang sudah terbentuk tadi tinggal digoreng di minyak panas dengan campuran mentega putih hingga donat berubah warna menjadi cokelat keemasan. Untuk sentuhan terakhir, pada bagian permukaan donat diolesi dengan margarin agar lebih gurih dan lezat. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan donat :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini