Zona penumbra hanya bisa menyaksikan matahari tertutup sebagian saat puncak gerhana. Meliputi Kanada, sebagian AS, benua Eropa (kecuali sebagian Italia, semenanjung Balkan dan Turki), lalu Rusia, Mongolia dan China. (Twitter @DeaMnci)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Fenoma Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi Kamis 10 Juni 2021. Gerhana Matahari Cincin ini bisa disaksikan di berbagai negara, namun sayangnya fenomena ini tidak bisa dilihat di Indonesia.

Zona antumbra atau annularitas artinya wilayah di zona ini bisa menyaksikan bentuk cincin saat puncak gerhana. Zona antumbra/annularitas hanya Kanada, sisi barat Pulau Hijau/Greenland (Denmark) dan Russia timur

Lalu, zona penumbra berarti hanya bisa menyaksikan Matahari tertutup sebagian saat puncak gerhana. Zona penumbra meliputi Kanada, sebagian AS, benua Eropa (kecuali sebagian Italia, semenanjung Balkan dan Turki), lalu Rusia, Mongolia dan China

Sementara zona gelap tidak bisa menyaksikan gerhana sama sekali. Sehingga, selain wilayah tersebut, tidak ada yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan gerhana matahari :

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here