Sosok K.R.T. Hardjonagoro Insiprasi Goodle Doodle

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama K.R.T. Hardjonagoro dan corak batiknya menjadi Google Doodle pada Selasa 11 Mei 2021.  Google merayakan hari kelahiran seniman Indonesia yang merupakan pakar seni lawas kontemporer dalam urusan mewarnai kain dengan lilin panas yang dikenal sebagai batik.

Siapakah sosok K.R.T. Hardjonagoro? Ia dikenal dengan nama Go Tik Swan. Seniman ini lahir pada 11 Mei 1931 di Solo, Jawa Tengah dan meninggal dunia saat berusia 77 tahun tepatnya pada 5 November 2008.

Pada masa muda, dia dikenal sebagai penari Jawa alusan, ia sempat menari di Istana Negara. Go Tik Swan membawakan tarian Gambir Anom, dan berhasil membuat Presiden Soekarno. Inilah awal perkenalannya dengan Soekarno yang kemudian menjadikannya sebagai staf ahli kebudayaan.

Karena kedekatannya dengan presiden pertama Indonesia ini, Go Tik Swan diminta untuk menciptakan ‘batik Indonesia’ sekitar 1957. Pola batik langka yang dulunya tidak dikenal umum maupun pola tradisional lainnya yang digalinya. Go Tik Swan berhasil mengembangkan tanpa menghilangkan ciri dan maknanya yang hakiki. Semasa hidupnya, Go Tik Swan menciptakan sekitar 200 motif batik Indonesia. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan dan fakta lainnya tentang Go Tik Swan :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini