Selamat Hari Palang Merah Indonesia

Baca Juga

MATA INDONDESIA, JAKARTA – Pada tanggal 17 September diperingati sebagai hari palang merah Indonesia (PMI). PMI sendiri dibentuk pada tanggal 17 September 1945 tepat satu bulan setelah negara Indonesia merdeka. Perjalanan PMI bermula pada tahun 1873 saat Indonesia masih diduduki oleh Belanda, pada tanggal 12 oktober 1873 pemerintah kolonial Belanda mendirikan organisasi Palang Merah di Indonesia bernama Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (NERKAI).

Pada tahun 1932, dr. Rumondor Cornelis Lefrand Senduk dan dr. Bahder Djohan yang mempelopori untuk mendirikan Palang Merah Indonesia. Sejarah panjang dilalui untuk membentu organisasi Palang Merah Indonesia dan pada tanggal 17 September 1945 Palang Merah Indonesia resmi dibentuk, dan wakil presiden RI pertama yaitu Mohammad Hatta menjadi ketua Palang Merah Indonesia Pertama.  (Qoirunischa Nandya)

Berikut foto-foto Palang Merah Indonesia pada zaman dahulu :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini