Patung Pembebasan Irian Jaya (Qoirunischa Nandya)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lapangan Banteng mungkin menjadi tempat yang menarik untuk warga Jakarta karena saat karena penataannya yang rapih dan indah. Lapangan Banteng juga menjadi salah satu tempat yang memiliki sejarah. Dahulu pada abad 16, Lapangan Banteng merupakan sebuah hutan yang luas dan dihuni oleh banyak sekali hewan liar salah satunya banteng, dan sering dijadikan tempat perburuan oleh tentara ketika berlibur.

Lalu kemudian hutan tersebut dijadikan lapangan oleh Anthonie Paviljoen Sr bernama Lapangan Paviljoenvield. Lalu kemudian lapangan tersebut berpindah tanggal kepada Marsekal Guntur Herman WIlliam Daendels dan lapangan tersebut kemudian dijadikan sebagai pusat pemerintahan dimana pada saat itu nama kawasan di daerah lapangan tersebut adalah Nieuw Batavia Weltevreden.

Ditengah kawasan itu terdapat monument singa yang dipasang untuk memperingati kekalahan Napoleon di Beligia yang kemudian disebut dengan lapangan singa. Lalu ketika penjajahan Jepang patung tersebut dihancurkan. Barulah saat kemerdekaan Indonesia patung pembebasan Irian Jaya mulai berdiri. (Qoirunischa Nandya)

Berikut foto-foto Lapangan Banteng dulu dan saat ini :

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here