Perkenalkan Ini Penguin Gentoo Perenang Tercepat di Keluarga Penguin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penguin gentoo merupakan satu dari tiga spesies yang ada di genus Pygoscelis. Penguin-penguin di genus ini dikenal sebagai brush-tailed penguin karena punya ekor panjang layaknya sikat. Penguin gentoo juga punya ciri khas lain berupa paruh oranye kemerahan dan pola putih di atas mata. Ini membedakannya dari penguin Adélie dan penguin tali dagu. Penguin satu ini diakui sebagai penguin perenang tercepat di dunia, lho! Selain itu, mereka juga dikenal sebagai hewan tangguh dan romantis.

Penguin dengan nama ilmiah Pygoscelis papuaini hidup di Semenanjung Antartika dan beberapa pulau Sub-Antarktika. Mereka banyak ditemukan di sepanjang garis pantai. Biarpun ukurannya masih kalah jauh dengan penguin kaisar, penguin gentoo tetap yang terbesar di genusnya. Mengutip laman A-Z Animals, penguin gentoo dewasa bisa punya berat antara 4–8 kg dan tinggi 51–90 sentimeter.

Setelah anak tumbuh dewasa dan meninggalkan sarang, penguin gentoo dewasa akan memulai proses ganti bulu tahunannya. Proses ini ternyata butuh banyak waktu dan energi. Periode sebelum ganti kulit bisa berlangsung selama 55 hari. Selama periode ini, penguin gentoo akan sibuk mencari makan dan makan sebanyak-banyaknya untuk menyimpan cadangan lemak. Penguin gentoo dikenal sebagai perenang tercepat di keluarga penguin. Mereka bisa berenang dengan kecepatan 22 mil per jam atau sekitar 35 kilometer per jam. Ini lebih cepat dari kebanyakan jenis burung penyelam.

Saat musim kawin menjelang, penguin gentoo jantan akan sibuk menyusuri sepanjang pantai berbatu tempatnya tinggal. Ia mencari batu kerikil paling mulus yang pernah ada untuk dipersembahkan pada si betina pujaan hati. Kalau si betina suka, batu tersebut akan diletakkan di sarang. Keduanya lalu membangun sarang lebih besar untuk persiapan bertelur. Penguin gentoo kerap dimangsa predator, seperti anjing laut macan dan orca. Burung laut besar, seperti burung skua dan petrel raksasa, juga suka mencuri telur dan memangsa anak penguin gentoo. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan Penguin Gentoo :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini