Mengenal TATP, Bahan Baku Peledak yang Dijuluki Mother of Satan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tim Densus 88 Polri menemukan bahan baku peledak (TATP) di bekas markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa 27 April 2021. Penggeledahan dilakukan berkaitan dengan penangkapan mantan Sekretaris Umum FPI Munarman, terkait dengan kasus kegiatan baiat terhadap Negara Islam di Irak dan Suriah atau ISIS yang dilakakun di Jakarta, Makassar, dan Medan.

Lalu, apa itu TATP? Dosen di Depertemen Kimia FMIPA Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Chairil Anwar menjelaskan, TATP atau Triacetone Triperoxide adalah senyawa peroksida. Senyawa tersebut sangat mudah meledak. Menurut Anwar, TATP juga memliki daya ledak yang tinggi atau high explosive. Mengenai bentuknya Anwar menjelaskan TATP memiliki struktur padatan. TATP sering digunakan oleh teroris ISIS di Irak dan Suriah karena memliki daya hancur yang mematikan. Saking berbahayanya, TATP dijuluki sebagai Mother of Satan atau ibunya setan” (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut kasus bom di Indonesia dan luar negri yang menggunakan TATP :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini