Kereta Api Tercepat di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kereta Api adalah salah satu alat transportasi darat yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Bahkan di Indonesia juga banyak orang yang menjadikannya sebagai alternatif trasportasi umum karena lajunya lebih cepat.

Hal ini karena kereta mempunyai jalur khusus yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan jenis lainnya. Ternyata ada juga kereta api tercepat di dunia yang bisa mempermudah perjalanan dari satu kota ke kota lain, bahkan perjalanan antar negara. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut daftar kereta api tercepat di dunia :

  1. Shanghai Maglev. Kereta api ini memiliki kecepatan maksimal 431 km/jam. Shanghai Maglev bisa berjalan sangat cepat karena menggunakan teknologi levitasi magnet yang berfungsi untuk mengangkat dan mendorong kereta. Dengan tidak adanya gaya gesek antara permukaan kereta dan rel maka kecepatan Shanghai Maglev bisa ditingkatkan secara signifikan. Shanghai Maglev mulai dibangun sejak tahun 2002 untuk panjang lintasan sejauh 30,5 km.
  2. Fuxing Hao CR400AF merupakan kereta api berkecepatan tinggi yang didesain dan dibuat oleh perusahaan asal Cina yang bernama CRRC Qingdao Sifang. Dikenal dengan julukan Dolphin Blue dengan bentuk lokomotifnya yang menyerupai peluru. Kereta ini mampu berlari dengan kecepatan hingga 400 kilometer per jam. Kereta ini memiliki 8 gerbong dengan panjang total mencapai 209 m yang terdiri dari 4 gerbong bermesin dan 4 gerbong yang tidak bermesin. Kereta ini bisa mengangkut penumpang mencapai 556 orang untuk sekali perjalanan.
  3. Shinkansen Hayabusa. Kereta api peluru kategori Tohoku Shinkansen memiliki kecepatan mencapai 320 km/jam saat beroperasi. Kereta api tercepat di Jepang ini mulai beroperasi pada tahun 2016 dengan rute tujuan Tokyo – Hokkaido yang memiliki panjang lintasan kereta sejauh 823,8 km. Ciri utama Shinkansen Hayabusa ini adalah desain hidung lokomotifnya yang memanjang 15 m kedepan, desain ini bertujuan untuk mengurangi gesekan dengan udara.
  4. The Italo AGV 575. Kereta api peluru yang termasuk kedalam jenis EMU (electric multiple unit) ini memiliki kecepatan maksimal 300 km/jam. Kereta ini memiliki panjang gerbong 132 m (7 gerbong) dengan berat mencapai 272 ton. Dalam sekali jalan, kereta ini dapat mengangkut penumpang sebanyak 460 orang. Diproduksi oleh perusahaan Aiston dan dioperasikan oleh NTV (Nuovo Trasporto Viaggiatori). Kereta ini menggunakan mesin elektrik sebagai penggeraknya, dengan menggunakan daya listrik AC sebesar 25 KV 50 hz serta DC 1500 V dan 3000 V.
  5. Renfe AVE. AVE adalah kereta api cepat yang dimiliki oleh perusahaan kereta api nasional Spanyol yang bernama Renfe. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 300 km/jam. Satu rangkaian kereta peluru ini terdiri dari 2 gerbong kelas 1, 5 gerbong kelas 2 dan 1 gerbong makan dengan daya angkut penumpang sebanyak 347 orang.

Berikut tampilan kereta tercepat di dunia :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini