Keren! Jagung dengan 12 Warna, Sungguhan dan Bisa Dimakan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jagung tidak selalu berwarna kuning. Di tangan Luki Lukmanulhakim, jagung bisa berubah warna seperti pelangi. Ada bulir jagung yang berwarna merah, unguh, hitam, dan putih. Terbayang sensasi kejutan ketika hendak mengupas jagung. Kira-kira kombinasi warna apa saja yang ada di balik kulit dan serabut jagung?

Luki Lukmanulhakim, petani asal Kampung Lebak Saat, Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ini sukses membudidayakan jagung warna-warni di atas lahan seluas 3 hektare. Jagung yang dikenal dengan istilah glass gem corn rainbow ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik bagi kesehatan dibanding jagung biasa.

Pria yang hampir berusia setegah abad itu menuturkan, ide awal menanam jagung varian ini karena senang mengoleksi plasma nutfah dari berbagai tanaman, salah satunya dari jagung. Luki membeli benih jagung pelangi dari sebuah toko online. Saat itu, dia membeli empat kantong benih jagung berwana merah, ungu, hitam, dan putih.

Untuk harganya, jika jagung biasa di tingkat petani dijual sekitar Rp 2.000 per kilogram, maka jagung pelangi bisa mencapai Rp 9.000 per kilogram. Jika jagung biasa masa panennya sekitar 120 hari atau 3 sampai 4 bulan, jagung pelangi bisa panen setiap dua bulan.

Berikut tampilan jagung pelangi :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini