Jenis Burung yang Dijual dengan Harga Fantastis di Dunia

51

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi para pecinta burung, merawat burung telah menjadi hobi. Terutama di kala pandemi semakin banyak hobi-hobi baru bermuncuan demi melawan rasa bosan di rumah saja, salah satunya memelihara burung. Hobi ini sendiri  memiliki momen dan tantangannya tersendiri.

Seperti hobi lainnya, setelah “menyelam” lebih dalam, rasanya satu burung saja tidak cukup. Beberapa orang malah menjadikan burung sebagai ladang investasi untuk mendapatkan penghasilan lebih. Selain merawat dan mengumpulkan prestasi burungnya, ada juga yang membeli burung mahal, lalu dibudidayakan agar dapat dijual kembali.

Karena penampilannya, kecerdasannya, dan suaranya yang memukau, banyak burung yang dibanderol dengan harga fantaslis. Berikut jenis burung yang dipatok dengan harga paling mahal di dunia. (Mutiara Putri Kinasih)

  1. Racing Pigeon – US$90.900 (Rp 1,2 miliar). Dikenal sebagai “Merpati Balap”, Racing Pigeon sempat dilelang setinggi US$6 juta (Rp85,3 miliar) di Belgia pada 2013!
  2. Golden Eagle – US$21.100 (Rp 300 juta). Burung yang berasal dari belahan bumi utara, Eropa, Asia, Afrika Utara dan Amerika Utara ini termasuk ke golongan “elang terbesar di dunia” dengan bobot bisa mencapai 9 kg.
  3. Black Palm Cockatoo – USD 16.000 (Rp 227,6 juta). Disebut “Kakaktua Jambul Hitam”, Black Palm Cockatoo terkenal langka dan dapat terlihat di hutan hujan Australia dan Papua Nugini.
  4. Toucan – USD 9.500 (Rp135 juta). Hadir dalam 37 spesies berbeda, burung Toucan dapat ditemukan di Meksiko Selatan, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia. Burung ini terkenal karena paruhnya yang besar.
  5. Hyacinth Macaw – USD 1.200 (Rp 17 juta). Dianggap sebagai burung beo terbesar di dunia, Hyacinth Macaw dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Timur. Pada 60 tahun belakangan, memang harga Hyacinth Macaw tengah naik.
  6. Scarlet Tanager – USD 900 (Rp12,8 juta). Berasal dari kawasan timur di Amerika Utara, Scarlet Tanager sering membuat sarangnya di pohon ek/oak. Secara keseluruhan Scarlet Tanager didominasi warna merah dan hitam pada tubuhnya.
  7. Northern Oriole – USD 850 (Rp12,1 juta). Disebut juga Baltimore Oriole, burung ini dapat ditemukan di belahan bumi bagian utara. Northern Oriole memiliki warna tubuh kuning dan sayap hitam bercorak putih.
  8. Mountain Bluebird – USD 850 (Rp12,1 juta). Terkenal akan warna matanya yang hitam dan biru, Mountain Bluebird berperawakan kurus dengan sayap berwarna cerah (jantan) dan biru kusam (betina).
  9. Northern Cardinal – US$800 (Rp11,4 juta). Dapat ditemukan di Amerika Utara dan Latin, Northern Cardinal memiliki warna merah yang mentereng (jantan) dan zaitun kemerahan (betina).
  10. American Goldfinch – USD 765 (Rp10,8 juta). Terkenal juga dengan nama Eastern Goldfinch, burung ini merupakan burung endemik Amerika Utara.

Berikut tampilan jenis burung dengan harga fantastis di dunia :

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama