Gereja Westminster Abbey Tempat Pelantikan Keluarga Kerajaan Inggris

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – The Collegiate Church of St Peter, atau yang lebih sering dikenal dengan Westminster Abbey didirikan oleh Edward the Confessor di tahun 1050. Gereja ini menjadi tempat pelantikan para keluarga Kerajaan Inggis. Sejarah mencatat ada 38 Raja Inggris yang dilantik di sana.

Gereja ini diberinama westminster karena lokasinya yang berada di Westminster. Sehingga gedung gereja ini pun dikenal dengan nama Wesminster Abbey.

Biarawan Benediktin pertama kali datang ke situs ini pada pertengahan abad ke-10 dan mendirikan tradisi ibadah sehari-hari yang berlanjut hingga saat ini. Abbey menjadi gereja sejak 1066. Gedung gereja saat ini yang dibangun oleh Henry III pada 1245 merupakan salah satu bangunan gothic yang paling penting di Inggris dengan kuil suci abad pertengahan bergaya anglo-saxon di pusatnya.

Selain menjadi tempat pelantikan para keluarga Kerajaan Inggris, gereja ini juga menjadi pemakaman para keturunan Kerajaan Inggris, tercatat ada 17 Raja Inggris yang dimakamakan di sini. Ibunda William, Putri Diana ketika meninggal di tahun 1997 juga disemayamkan di gereja ini.

Secara turun-temurun, gereja ini juga dipakai sebagai upacara pernikahan anggota Kerajaan Inggris. Berikut ini anggota kerajaan yang pernah menikah di sana. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan keindahan Westminster Abbey :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini