Festival Unik dan Menarik di Dunia, Salah Satunya Berasal dari Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Festival merupakan sebuah acara yang diadakan dalam rangka memperingati suatu peristiwa dan dilaksanakan pada waktu tertentu. Setiap negara di dunia ini memiliki festival yang beragam, mulai dari festival unik perang tomat di Spanyol, karnaval fashion di Jember Indonesia, festival balon udara di New Meksiko hingga festival orang mati di Meksiko. Keunikan suatu festival bisa dinilai dari cara merayakannya, jumlah orang yg terlibat di dalamnya, kostum yang digunakan maupun sejarah dari festival itu sendiri. Berikut festival unik di dunia. (Mutiara Putri Kinasih)

  1. Yi Peng Festival – Thailand. Festival yi peng atau yee peng memiliki arti “yi” yang berarti dua dan “peng yang berarti penuh hari bulan. Yang membuat festival yi peng ini unik karena diselenggarakan pada bulan purnama ke 12 tiap tahunnya atau yang biasa jatuh pada pertengahan bulan November menurut kalender bulan Thailand.
  2. La Tomatina Festival – Spanyol. Festival tomat merupakan salah satu festival yang diselenggarakan dikota Bunol Spanyol pada hari Rabu terakhir di bulan Agustus tiap tahunnya. Festival la tomatina ini unik tentu saja karena perang tomat antar puluhan ribu pengunjung yang terlibat dalam festival “perang tomat” yang digelar ditengah-tengah kota ini.
  3. Jember Fashion Carnaval – Indonesia. Jember Fashion Carnaval atau yang disingkat JFC merupakan salah satu festival unik yang berasal dari Jember Indonesia. Karnaval fashion terbesar di Indonesia ini diadakan setahun sekali dan digagas oleh Dynand Fariz yang sekaligus pendiri JFC Center. Dan yang menariknya, festival Jember Fashion Carnaval menampilkan tema yang berbeda tiap tahunnya agar festival ini lebih menarik dan dapat menyedot pengunjung lebih banyak lagi.
  4. Albuquerque International Balloon Fiesta Festival – New Meksiko. Festival Albuquerque International Balloon Fiesta merupakan sebuah festival balon udara tahunan terbesar yang diselenggarakan di kota Albuquerque New Meksiko. Biasanya festival unik dan seru ini diadakan pada bulan Oktober ketika cuaca sedang cerah.
  5. Holi Festival – India. Holi merupakan salah satu festival unik yang berasal dari negara India. Festival ini dianggap sebagai salah satu festival yang paling dihormati bukan hanya di negara asalnya, tetapi juga di negara lainnya diseluruh dunia. Festival holi ini juga sering disebut dengan festival warna. Salah satu hal yang menjadikan festival holi ini unik adalah saling melempar tepung berwarna, baik dengan teman maupun keluarga.
  6. The International Highline Meeting Festival – Italia. Dalam festival The International Highline Meeting ini, kamu akan merasakan sensasi tidur bergelantungan dengan hammock diantara bebukitan. Dengan total 17 buah hammock yang merupakan sebuah simbol perdamaian dan penghormatan kepada tentara yang gugur pada perang dunia pertama.
  7. Dia De Muertos Festival – Meksiko. Festival Dia de Muertos atau yang dikenal dengan festival day of the dead, merupakan sebuah festival unik dan menyeramkan yang dirayakan di Meksiko sekitar tanggal 31 Oktober dan 2 November setiap tahunnya. Festival yang berlangsung selama 2 hari ini mengusung tema kematian, untuk mengenang dan menunjukkan cinta serta rasa hormat kepada keluarga yang telah meninggal.
  8. Sapporo Snow Festival – Jepang. Sapporo Snow Festival merupakan festival musim dingin terbesar dan terpopuler di Jepang yang diselenggarakan di kota Sapporo. Festival yang unik dan megah ini diselenggarakan setiap bulan Febuari dan berlangsung selama seminggu. Dalam festival salju Sapporo ini, terdapat banyak patung salju yang dipamerkan dengan berbagai macam ukuran, mulai dari yang terkecil hingga yang memiliki tinggi 15 m dan lebar 25 m.
  9. Tomorrowland – Belgia. Tomorrowland festival merupakan festival musik EDM terbesar dan termegah di dunia yang diselenggarakan di Boom Belgia. Festival music tommorowland ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005. Festival ini diisi dengan Dj-Dj kelas dunia seperti Armin van Buuren, Avicii, Tiesto dan lain-lain.
  10. Karnaval Rio – Brazil. Festival Rio Carnaval merupakan karnaval terbesar di dunia karena disaksikan hingga 2 juta orang perharinya. Festival megah ini diselenggarakan di Sambadrome, Rio De Janeiro Brazil. Biasanya karnaval ini diadakan antara jumat sore dan pada saat rabu abu yang menandai awal prapaskah. Rio carnaval Festival ini dimeriahkan oleh parade mobil hias serta pawai dengan mengenakan berbagai macam variasi kostum yang unik dan menarik.

Berikut tampilan festifal uni dan menarik di dunia :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini