Dari Nigeria sampai Malaysia Juga Melakukan Tradisi Mudik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari raya Idul fitri merupakan momen yang dimanfaatkan umat muslim untuk menjalin silaturahmi. Banyak perantau yang berusaha pulang ke kampung halaman dan merayakan Idul Fitri bersama dengan sanak saudara  dan keluarga.

Ternyata tidak hanya Indonesia yang punya ritual mudik, berikut daftar negara yang melangsungkan mudik menjelang lebaran :

  1. Nigeria, Libur nasional menjelang Idul Fitri di Nigeria hanya dua hari, namun itu tidak menghalangi penduduk muslim untuk pulang kampung serta mengunjungi kelurga dan berziarah ke makam keluarga masing- masing.
  2. Arab Saudi, hampir seluruh daerah menggelar festival untuk memeriahkan perayaan Idul Fitri. Festifal tersebut menampilkan berbagai macam pagelaran teater, pertunjukkan muslim serta kesenian lainnya. Karena setiap yang merantau tidak ingin ketinggalan perayaan meriah di kampungnya, mereka beramai-ramai pulang kampung untuk berkumpul Bersama keluarga.
  3. Cina, meskipun jumlah hari libur Idul Fitri tidak sebanyak di Indonesia, masyarakat Cina tetap melangsungkan mudik ke kampung halaman. Setelah salat Idul Fitri biasanya umat muslim di Cina melakukan ziarah ke makam pejuang muslim yang gugur saat pemerintahan Dinasti Qing.
  4. Bangladesh, menjelang lebaran penduduk muslim di Bangladesh berbondong-bondong pergi mudik demi dapat berkumpul Bersama keluarga untuk merayakan Idul Fitri.
  5. Malaysia, “Balek Kampung” juga kebiasaan penduduk muslim menjelang Idul Fitri, agar dapat menjenguk dan berkumpul bersama untuk merayakan Idul Fitri. Tidak hanya saat Idul Fitri, mereka juga mudik saat perayaan Tahun Baru Imlek. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut potret daftar negara yang melangsungkan mudik menjelang lebaran :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini