Asal Usul Nama Planet di Tata Surya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkan kamu memikirkan siapa yang memberi nama planet? Planet adalah salah satu benda langit yang menyusun tata surya. Dahulu, sebelum ilmu astronomi berkembang pesat seperti saat ini, astronom Yunani dan Romawi hanya mengandalkan penglihatan mata atau dengan alat yang sederhana.

Astronom Yunani pertama kali mengidentifikasi lima planet yang tampak dengan mata telanjang, yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturunus. Sebelum memiliki nama ini, astronom Yunani menamainya dengan Hermes, Aphrodite, Ares, Zeus, dan Cronus.

Aphrodite, atau planet Venus, dahulu sempat membuat bingung astronom Yunani. Mereka beranggapan ini adalah dua benda langit yang berbeda. Ketika Aphrodite muncul di langit pagi, mereka menyebutnya dengan Phosphorus. Sedangkan ketika malam hari, mereka menyebut Aphrodite dengan Hesperus.

Barulah pada tahun 310 Sebelum Masehi, seorang astronom Yunani bernama Aristarchus menyadari bahwa kedua benda langit tersebut adalah benda langit yang sama. Beberapa abad kemudian, astronom Romawi mempelajari lebih lanjut mengenai planet-planet ini. Kemudian mereka mengubah nama planet menjadi Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan planet dan arti dari namanya :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini