Angklung Alat Musik Asal Indonesia yang Diakui UNESCO

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ternyata salah satu alat musik asli Indonesia yaitu angklung telah diakui oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Angklung resmi diakui UNESCO pada tanggal 16 November 2010 pada siding UNESCO di Nairobi, Kenya. Angklung termasuk dalam warisan budaya tak benda atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia asal Jawa Barat. Angklung terbuat dari bambu dan dibentuk dalam berbagai ukuran menyerupai pipa. Dalam sebuah angklung terdapat dua sampai empat tabung bambu yang digantung dalam bingkai bambu dan diikat dengan tali rotan.

Setiap angklung menghasilkan satu nada atau akord. Sehingga, untuk menciptakan melodi yang indah angklung harus dimainkan oleh beberapa orang secara bersamaan. Inilah salah satu keunikan dari alat musik angklung. (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan alat musik angklung :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini