17 Mei Hari Buku Nasional, Ayo Membaca

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap tanggal 17 Mei, Indonesia memperingati Hari Buku Nasional. Penetapan hari nasional ini sendiri memiliki motivasi yang amat baik, yakni untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kondisi perbukuan serta meningkatkan minat baca masyarakat.

Hari Buku Nasional sendiri terinspirasi dari pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980. Berawal dari pemikiran Menteri Pendidikan Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar, sehingga sejak tahun 2002 tanggal 17 Mei ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional. 17 Mei 2021, akan menjadi perayaan Hari Buku Nasional yang ke – 19.

Hingga saat ini, jumlah judul buku yang terbit setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Meski memang masih jauh dari negara-negara lain seperti Cina (140.000 judul buku).

Dengan adanya Hari Buku Nasional, diharapkan masyarakat menjadi lebih suka membaca dan dapat meningkatkan penjualan buku. Untuk meningkatkan minat baca, masyarakat harus sadar tentang pentingnya membaca buku. Dengan membaca buku masyarakat akan mendapatkan wawasan tambahan. (Mutiara Putri kinasih)

Berikut ini cara merawat buku agar awet dan tahan lama :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini