WS Rendra Dijuluki ‘Burung Merak’, Begini Asal Mulanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – WS Rendra adalah seorang seniman yang terkenal dengan julukan “Si Burung Merak.” Ternyata ada cerita unik yang membuatnya mendapat julukan itu.

Begini ceritanya;

Almarhum WS Rendra memiliki seorang sahabat dekat bernama Edi Haryono. Edi membagikan cerita awal mula julukan itu saat melayat jenazah Rendra di Bengkel Teater, Depok, Jawa Barat, 7 Agustus 2009.

Edi menceritakan pada suatu saat, Rendra kedatangan teman bulenya dari Australia. Lalu, dia mengajaknya pergi ke Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

Saat sedang melihat-lihat binatang, sampailah mereka di kandang burung merak. Tiba-tiba, Rendra berkata, “itu saya,” sambil menunjuk pada burung merak itu.

Saat mendengarnya, teman Rendra hanya menanggapinya dengan tertawa. Tetapi tidak disangka-sangka, saat temannya itu pulang ke negara asalnya, ia menceritakan kejadian itu kepada teman-teman Rendra yang berada di sana.

Bule itu mengatakan WS Rendra telah berubah nama menjadi Burung Merak. Setelah itu, nama Rendra sering muncul di sejumlah koran dengan nama Burung Merak. Namun dia tidak tersinggung atau marah, ia justru malah senang karena menyamakan dirinya dengan Burung Merak.

Sebagai sahabat Rendra sejak lama, Edi mengaku pribadi temannya itu mirip burung merak. “Dia orangnya suka pamer. Seperti burung merak jantan yang suka memamerkan bulu-bulu indahnya,” kata Edi beralasan.

Reporter: Nabilla Rahadiantinur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas: Program AMANAH Membuat Generasi Muda Aceh Menjadi Lebih Unggul

Aceh — Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) yang diinisiasi oleh BIN sangat diperlukan bagi Aceh, karena...
- Advertisement -

Baca berita yang ini