Ilustrasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Teror makhluk ghaib si pencuri uang seperti tuyul memang kerap membuat orang resah. Pasalnya, meski divisualkan sebagai makhluk kecil berkepala botak, tuyul masih tergolong makhluk astral yang tak kasat mata.

Kini kamu tak perlu resah, karena sebenarnya ada cara mudah dan sederhana untuk menangkal tuyul agar tak mencuri uangmu loh! Begini nih caranya:

1. Cermin

Konon katanya, cermin bisa mengalihkan tuyul untuk mencuri uang. Kamu cukup meletakkan sebuah cermin di tempat kamu menyimpan uang-uangmu. Maka, saat tuyul hendak mengambil uangnya, ia akan terkecoh dengan cermin tersebut dan memainkannya hingga ia lupa untuk mencuri uang.

2. Kacang Hijau

Sama seperti cermin, kacang hijau juga bisa mengecoh tuyul loh! Caranya pun sama. Kamu cukup tuang sebungkus kacang hijau di wadah dan letekanlah ditempat kamu biasa menyimpan uang. Konon, si tuyul akan terkecoh dan akhirnya sibuk menghitung jumlah kacang hijau itu.

3. Jahe

Tak hanya sebagai bumbu masakan, jahe juga bisa menjadi alat sederhana untuk menangkal tuyul. Caranya pun sangat mudah. Iris saja beberapa potong jahe dan letakkanlah di depan pintu masuk rumah dan kamar.

Karena sangat menyukai bau jahe, tuyul akan mengambil potongan jahe tersebut dan menghirupnya dengan senang. Ia akan lupa dengan tugasnya untuk mencuri uang.

4. Kelereng

Mirip seperti cermin, kelereng kabarnya bisa membuat tuyul sibuk sendiri dan terkecoh dalam tugasnya mencuri uang. Ia akan senang melihat kelereng-kelereng yang kamu letakan di rumahmu. Alih-alih mengambil uang seperti suruhan sang majikan, tuyul justru akan lupa dan memainkan kelereng-kelereng itu.

5. Permen dan Dot Bayi Berisi Susu

Meski tuyul merupakan makhluk ghaib, namun sosoknya yang seperti anak kecil membuatnya tergoda jika dipancing dengan beberapa permen dan dot yang berisikan susu. Lewat cara ini, tuyul akan kembali lupa dengan tugasnya mencuri uang. Konon, cara ini adalah cara yang ampuh dan masih dilakukan hingga sekarang. (Annastasya Rizqa/RyV)