MINEWS, JAKARTA – Bulan Ramadan adalah bulan istimewa bagi umat Islam. di bulan suci ini juga terjadi banyak peristiwa besar bersejarah semasa Nabi Muhammad SAW hidup.

Peristiwa-peristiwa besar ini menjadi cerita turun temurun, terangkum dalam banyak catatan atau buku, dikisahkan tutur, sampai dibuatkan lagu atau puisi, semua untuk mengenang perjuangan Rasulullah Muhammad SAW.

Dari sekian banyak peristiwa bulan Ramadan di zaman nabi, berikut 4 di antaranya yang paling besar yang terus dikenang.

1. Penaklukkan Makkah

Peristiwa ini juga dikenal dengan istilah ‘Fathu Makkah’. Terjadi pada 10 Ramadan 8 Hijriyah, atau tahun 630M, Nabi Muhammad membawa serta 10.000 orang untuk mengambil alih Makkah dari kaum kafir. Tanpa pertumpahan darah, Makkah direbut, ratusan bahkan ribuan berhala di hancurkan, termasuk yang ada di dalam Kakbah.

2. Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar atau yang biasa dikenal dengan malam diturunkannya Alquran adalah peristiwa besar selanjutnya. Dalam surah Al Qadr, Alquran menyebut malam ini lebih baik dari seribu bulan.

3. Perang Badar

Boleh dikatakan, ini adalah peristiwa terbesar dalam sejarah nabi yang terjadi di bulan Ramadan. Perang ini adalah pertempuran besar pertama umat Islam melawan kaum kafir.

Terjadi pada 17 Ramadan tahun 2 Hijriyah, umat Muslim yang hanya berjumlahkan 313 orang, terpaksa menghadapi lebih 1.000 orang kaum kafir. Namun, kemenangan berpihak bagi pasukan nabi. Barisan kaum kafir dipukul mundur.

4. Penyerahan Kota Thaif

Kota Thaif adalah salah satu tempat terberat bagi nabi untuk berdakwah. Penduduknya bengal, bahkan pernah mengusir Nabi Muhammad SAW. Saat Makkah berhasil ditaklukkan, penduduk Thaif menolak menyerah.

Akhirnya, nabi dan pasukannya mengepung kota ini dalam waktu yang cukup lama, hingga akhirnya mereka menyerah pada Ramadan tahun ke-9 Hijriyah.