Fakta berdirinya perusahaan Honda
Fakta berdirinya perusahaan Honda

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pabrikan asal Jepang, Honda tidak hanya memproduksi motor dan mobil, tapi juga alat-alat lain seperti truk, ATV, generator listrik, hingga peralatan taman.

Didirikan pasca Perang Dunia II, Honda telah bertransformasi menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar saat ini. Menurut laman Forbes, Honda Motor adalah pabrikan kelima terbesar di dunia, di bawah Toyota, Volskwagen, Daimler dan BMW.

Tak hanya itu, banyak fakta unik mengenai berdirinya perusahaan Honda, berikut ulasannya:

  1. Pendiri Honda tidak memiliki pendidikan formal

Beberapa pebisnis sukses faktanya tidak menempuh pendidikan formal dan mendapat gelar dari sana. Salah satunya adalah Soichiro Honda. Tercatat, ia tidak memiliki riwayat pendidikan formal.

Jejak bisnisnya dapat dilacak saat usianya 15 tahun. Saat itu, ia pindah ke Tokyo untuk mencari pekerjaan. Ia kemudian mulai bekerja di bengkel Art Shokai pada 1922. Menariknya, pekerjaan ini tidak berhubungan dengan mesin, ia justru menjadi cleaning service dan pengasuh anak pemilik bengkel.

Pasca perang, berbekal pengalamannya, ia memulai proyek untuk memasang mesin pada sepeda, yang akhirnya menjadi cikal bakal sepeda motor. Ia memanfaatkan mesin bekas perang untuk membuat kendaraan. Respon masyarakat sangat baik.

  1. Cikal Bakal Honda adalah Mesin Sepeda

Pertama-tama yang dijual perusahaan ini adalah sepeda bermesin. Ceritanya, pada September 1946, Soichiro mengunjungi rumah kawannya, Kenzaburo Inukai. Di sana, ia menemukan sebuah mesin kecil. “Mari gunakan ini untuk sepeda,” ujar Honda pada Inukai.

Honda kemudian melakukan riset bersama dengan 13 pekerjanya di sebuah bengkel kecil yang diberi nama Honda Technical Research Institute. Di sini ia berhasil membuat sepeda bermesin menjadi motor dengan mekanisme sederhana.

Sepeda motor yang pertama kali diuji coba oleh istri Honda sendiri, Sachi, akhirnya terjual, dan mulai saat itu mulai dibicarakan dan jadi bahan obrolan dari mulut ke mulut. Terus membesar, dan akhirnya mendunia.

Saat itu, tidak ada kendaraan yang bisa digunakan untuk mengantarkan barang kebutuhan sehari-hari kecuali sepeda. Maka, sepeda bermesin yang dibuat Honda sangat sesuai dengan kebutuhan saat itu.

  1. Memproduksi dua sepeda motor

Pada Oktober 1946, setahun setelah perang berakhir, Soichiro Honda mendirikan Honda Technical Research Institute di Hamamatsu Jepang dan memproduksi dua sepeda motor. Dua tahun kemudian, Honda Motor Company, Ltd berdiri. Tahun 1959, Honda membuka sebuah toko kecil di Los Angeles dengan enam karyawan. Selama lebih dari 70 tahun, Honda telah memproduksi motor secara massif dari mulai CBR hingga 50cc Super Cub.

  1. Tidak hanya otomotif

Honda memproduksi alat therapeutic berupa alat bantu jalan. Alat ini ringan, langsing, dan ringkas. Honda membantu para disabilitas untuk bisa berjalan dengan mudah. Alat ini bahkan dilengkapi bluetooth sehingga dokter bisa memantau kemajuan pasien.

  1. Memproduksi pesawat jet

Honda rupanya tidak cukup puas dengan dominasinya di bidang otomotif. Buktinya Honda pernah memproduksi sebuah jet. Jet tersebut bahkan mendapat sertifikasi dari Federal Aviation Administration. Menurut Honda, jet yang mereka buat memiliki kecepatan, bisa terbang tinggi, mesinnya tidak berisik, dan hemat bahan bakar di bandingkan jet lain di kelasnya.

  1. Menjadi yang pertama memproduksi hybrid dan hydrogen

Banyak orang mengira karena Toyota Prius menjadi mobil hybrid paling terkenal, Toyota dianggap sebagai produsen mobil hybrid pertama. Tapi pada kenyataannya, Honda yang pertama memproduksi mobil hybrid setahun sebelum Toyota rilis, tepatnya pada tahun 1999.

Sayangnya, mobil tersebut gagal populer karena dianggap terlalu kecil. Honda juga menjadi yang pertama memproduksi kendataan dengan mesin berbahan hidrogen tahun 2008.

  1. Selain memproduksi mobil, Honda juga fokus pada racing

Soichiro Honda sang pendiri amat menggemari balapan. Baginya, balapan membuatnya tertantang untuk mencari solusi inovatif demi membuat mobil tercepat dan terakurat yang pernah ada. Selama lebih dari 50 tahun, Honda termotivasi oleh ajang balapan untuk membuat mobil lebih cepat, lebih kuat, lebih ringan, dan lebih tahan lama.

  1. Memproduksi robot

Tidak semua barang produksi Honda masuk ke Indonesia. Tapi asal kamu tahu, Honda menjadikan blower salju, mesin pemotong rumput, generator, bahkan robot untuk bekerja di pabrik untuk diekspor. Namun pastinya kamu setuju kalau produk motor dan mobil Honda yang paling digemari di Indonesia.

1 KOMENTAR

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here