Waduh, Leonardo Da Vinci dan Pelukis Legendaris Michelangelo Ternyata Seorang Homo.

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Michelangelo Buonarroti telah meninggal berabad-abad yang lalu. Namun, kontroversi mengenai dirinya adalah seorang homoseksual masih diperdebatkan hingga kini.

Michelangelo selama ini dikenal sebagai pelukis, pemahat, arsitek juga penulis puisi terkenal yang hidup antara abad 15-16.

Semasa hidupnya, Michelangelo telah membuat banyak karya mulai dari patung, lukisan dan puisi. Namun kebanyakan dari hasil karyanya disebut-sebut mengarah pada prilaku homoseksual.

Hal itu karena, sebagian besar patung dan lukisan yang dibuat oleh Michelangelo menggambarkan pria telanjang.

Dilansir dari theculturetrip.com, salah satu karyanya yang cukup terkenal adalah lukisan berjudul ‘The Last Judgment’ yang dibuat di Kapel Santina, Kota Vatikan (1536-1541).

Karya itu menjadi kontroversi karena menghadirkan banyak sosok pria telanjang sebelum asistennya, Daniele da Volterraa, memperbaiki lukisan tersebut dengan memberinya gambar kain untuk menutupi bagian yang dianggap vulgar.

Karya lainnya adalah Patung bernama ‘David’ dan ‘Bacchus’ juga menggambarkan seorang pria telanjang.

Patung David karya Michaelangelo.

Dilansir dari artnews.com, seorang penulis bernama Elena Lazzarini menganggap jika patung dan lukisan pria telanjang yang dibuat oleh Michelangelo diilhami sebuah tempat pemandian air panas dan panti pijat yang pernah dikunjunginya.

Di sanalah ia mendapat inspirasi karena banyak melihat pria telanjang yang berlalu lalang di tempat tersebut.

Namun alasan tersebut tetap tidak bisa mengubah persepsi sebagian orang yang menganggapnya sebagai gambaran dari prilaku homoseksual. Pendapat mereka diperkuat dengan ditemukannya karya puisi milik Michelangelo yang dianggap memiliki makna menggambarkan homoseksualitas.

Hal itu diungkapkan sejarawan seni, John Addington Symonds, yang mengatakan Michelangelo sering membuat puisi bermakna romantis untuk para pria yang dianggap sebagai ‘pacar,’ salah satunya Tommaso Cavalieri.

Pada 1532, Michelangelo mengembangkan hubungan dengan Tommaso dei Cavalieri yang juga seorang bangsawan muda. Dari hubungan itu dia menulis lusinan soneta romantis yang didedikasikan untuk Cavalieri.

Tak cuma Cavalieri, John bahkan tidak ragu menyimpulkan jika Michelangelo memiliki hubungan seksual dengan modelnya Gherardo Perini dan asistennya Febo di Poggio.

Diketahui prilaku menyimpang homoseksual di zaman Michelangelo hidup memang menjadi hal yang lazim. Bahkan seniman ternama lainnya saat itu juga terbukti memiliki prilaku menyimpang tersebut.

Dilansir dari rictornorton.co.uk Orang-orang sezaman Michelangelo, seperti Leonardo da Vinci, Sandro Botticelli, Benvenuto Cellini dan Giovanni Antonio Bazzi secara terbuka didakwa karena melakukan sodomi. Leonardo bahkan dipenjara selama dua bulan. (Widyo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini