Viral! Kisah Mistis Danau Sentani dan Penampakan Makhluk Misterius Sebelum Banjir Bandang

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Peristiwa banjir Sentani yang menyebabkan banyak korban jiwa, tak hanya menyisakan duka mendalam. Tapi, ternyata juga meninggalkan sebuah cerita mistis.

Cerita yang bikin bulu kuduk merinding tersebut baru-baru ini terungkap dan jadi perbincangan hangat netizen Twitter. Kabarnya, sebelum kejadian banjir Sentani, warga setempat sempat melihat penampakan misterius di Danau Sentani. Penampakan mengerikan mirip naga itu diyakini oleh masyarakat setempat sebagai penunggu Danau Sentani.

Seperti diketahui, Danau Sentani sendiri memang dipercaya oleh masyarakat lokal sebagai tempat yang sakral dan dikeramatkan. Di sekitar Danau Sentai terdapat 22 pulau kecil yang tersebar. Pulau-pulau itu dihuni oleh masyarakat dari 24 desa adat. Salah satu desa adatnya adalah Desa Ayapo yang dikenal sebagai desa terapung.

Nah, di Ayapo inilah kabarnya warga melihat kemunculan makhluk misterius tersebut pada malam hari. Penampakan makhluk itu pun terekam kamera dan diposting oleh pemilik akun Twitter @FloNadayang pada 22 Maret 2019 lalu.

“Dlm bahasa Sentani, mahluk ini disebut Walobho yg berarti tuan tanah/penjaga tanah. Setiap ada kepala suku mangkat, perang antar kampung atau bencana, mahluk ini terlihat muncul di permukaan air danau,” tulis akun @FloNadayang.

Tak diketahui pasti makhluk apa itu. Apakah ikan, buaya, atau sejenis kura-kura raksasa.

“Foto ini diambil 1 bulan sebelum kejadian banjir bandang. Ada 1 marga di Sentani yang memiliki kemampuan untuk melihat mahluk ini. Marga ini tinggal di kampung Ayapo/pulau Ayapo,” tambah @FloNadayang.

Ia pun bercerita, sejak kecil sering mendengar kisah dari almarhum ibunya bahwa penjaga Danau Sentani berbentuk kura-kura raksasa. Masyarakat setempat percaya, makhluk tersebut akan muncul ke permukaan saat ada kepala suku atau ondofi yang bakal meninggal dunia.

“Karena di Sentani jarang terjadi bencana alam, di saat mahluk ini muncul, warga kampung mengira akan ada kepala suku/ondofi yang mangkat,” tulisnya.

Namun, setelah seminggu berlalu ternyata tidak ada kepala suku yang meninggal. Warga lupa jika makhluk itu tak hanya muncul saat ada kepala suku mangkat, tapi juga saat akan ada bencana terjadi.

Meski diyakini berbentuk kura-kura, sebagian warga lokal menyebut makhluk penjaga Danau Sentani sebagai naga. Hal ini lantaran bentuk Danau Sentani dan pegunungan Cycloops yang mirip naga.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini