Kamis, Oktober 28, 2021

Sudah Tak Muda Lagi, Amitabh Bachchan Tetap Aktif Bermain Film

Baca Juga

MATA INDONESIA, MUMBAI – Jika di antara kamu merupakan penggemar Bollywood, pasti tidak asing dengan aktor legendaris asal India, Amitabh Bachchan. Ya, di usia nya yang sudah tak muda lagi, sampai kini ia masih tetap bermain peran di film-film.

Amitabh lahir 11 Oktober 1942 di Allahabad, Uttar Pradesh. Dia lahir dari keluarga Hindu, dengan nama Amitabh Harivansh Rai Shrivastava. Ayahnya bernama Harivansh Rai Bachchan dan ibunya bernama Teji Bachchan.

Suatu ketika, sang ibu tertarik dengan dunia teater dan pernah ditawari bermain di film layar lebar, tetapi ia lebih suka tugas domestik. Alhasil, ia mengatakan pada Amitabh (anaknya), bahwa ia harus menjadi pusat perhatian. Hal itulah yang mendorong Amitabh menjadi aktor dan didukung oleh keluarganya.

Awal mula ia menjadi aktor pemula, ia mempelajari banyak akting dari aktor Dilip Kumar terutama pada film Gunga Jumna (1961). Sebelum terjun ke dunia akting, ia memulai debut pertama nya sebagai narator suara di film Bhuvan Shome (1969).

Debut Akting

Film pertamanya berjudul Saat Hindustani (1969). Selanjutnya, pada tahun 1971, namanya kian melambung dengan film “Anand” dan ia mendapat pujian berkat film tersebut. Berikutnya, ia bermain di film Reshma Aur Shera (1971), Guddi (1971), dan Bombay to Goa (2007).

Pada masa kariernya, Amitabh pernah di posisi sebagai pendatang baru yang gagal di usia awal 30-an. Lalu, duo penulis skenario Salim dan Javed sedang mencari aktor yang cocok untuk naskah mereka yaitu Zanjeer (1973). Naskah film ini berisi kekerasan, banyak para bintang menolaknya hingga akhirnya bertemu dengan Bachchan yang mempunyai bakat luar biasa.

Salim dan Javed menilai Amitabh adalah pahlawan yang ideal untuk film Zanjeer. Kemudian ia memerankan film itu sampai menjadi hit box office, Amitabh juga mendapat nominasi Filmfare untuk aktor terbaik.

Kemudian ia bermain di film Abimaan (1973) bersama istrinya Jaya Bachchan dan menjadi hit box office. Tak lupa, perannya sebagai Vikram pada film Namak Haraam (1973) pun membuatnya memenangkan kembali Filmfare kedua sebagai aktor pendukung terbaik.

Tahun-tahun berikutnya namanya tidak pernah absen dari film, seperti tahun 1974, ia berpenampilan sebagai tamu di film Kunwara Baap, Roti Kapda Aur Makaan, dan Majboor yang membuat dirinya menjadi bintang.

Mahabintang

Periode 1975-1982, ia membintangi film komedi Chupke Chupke (1975) dan drama romantis yang sukses berjudul Faraar (1975). Selain itu, ia bekerja sama dengan Salim-Javed untuk membuat film, yaitu Deewar (1975) berhasil menjadi hit box office. Film kedua, Sholay (1975), yang mana pada tahun 1999, BBC India menyebut Sholay sebagai film millennium.

Sholay dianugerahi sebagai Filmfare terbaik 50 tahun saat tahun 2005. Film lainnya yang tak kalah sukses ialah Kabhie Kabhie, Adalat, Parvarish, Khoon Pasina, Don, Trishul, Kaala Patthar, Suhaag, Dostana, Manzil, dan The Great Gambler menjadi hit box office.

Baru-baru ini 27 Agustus 2021, ia bermain di film berjudul Chehre ber-genre thriller misteri berbahasa Hindi yang disutradarai oleh Rumy Jafry. Di tahun 2022 berikutnya sudah ada film yang menanti, dibintangi juga oleh Amitabh yakni Mayday yang rencananya dirilis tanggal 29 April 2022.

Reporter: Annisaa Rahmah

 

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Bawa 200 Dosis, BIN Gelar Vaksinasi Door to Door untuk Tingkatkan Kepercayaan Turis Melancong ke Wakatobi

MATA INDONESIA, WAKATOBI - Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Tenggara atau Binda Sultra melaksanakan vaksinasi door to door di...
- Advertisement -

Baca berita yang ini