Subhanallah, Novelis AS Temukan Islam Sejati dari Seorang Perempuan Lombok

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Seorang perempuan Muslim yang hidup miskin di Lombok, menarik perhatian Oprah Winfrey saat mewawancarai Elizabeth Gilbert, penulis Novel “Eat, Pray and Love.” Perempuan yang tidak diketahui namanya itu telah menyelamatkan Elizabeth dari diare akut dan memberikan wajah Islam yang sejati.

Kepada Oprah, Elizabeth menceritakan kepergiannya ke Lombok dalam rangka menenangkan diri setelah bercerai dan mengalami depresi.

Dia merancang waktu 10 hari untuk bisa keluar dari masalah beratnya tersebut. Setiap hari Elizabeth selalu berusaha berjalan-jalan ke pantai di pulau tersebut untuk menghilangkan luka hatinya yang sangat dalam.

Hingga pada suatu hari dia bertemu seorang perempuan dari keluarga nelayan miskin yang selalu tersenyum dan memberi hormat takzim kepadanya. Elizabeth pun membalasnya dengan senyuman yang sama.

Tidak ada keinginannya untuk sekadar berbicara dengan perempuan yang hingga kini tidak diketahui namanya itu. Penulis novel itu memang benar-benar ingin menghabiskan 10 harinya di pulau tersebut dengan menyendiri tanpa berbicara dengan orang lain. Tetapi setiap hari dia selalu bertemu dengan perempuan itu dan hanya sekadar berbalas senyum serta menghormat takzim.

Hingga suatu hari perempuan berambut pirang itu salah makan yang membuatnya keracunan. Dia mengalami diare parah hingga tidak bisa keluar dari kamarnya.

Perasaannya sudah tentu kacau balau karena dalam keadaan depresi, diare berat di sebuah tempat yang tidak seorang pun dikenalnya dengan dekat.

Rupanya, selama dia sakit perempuan yang selalu ditemuinya saat berjalan-jalan ke pantai mencoba mencari tahu kondisinya.

Ketika dia mengetahui Elizabeth dalam keadaan sakit parah didatanginya kamar itu. Setelah mengetahui penyakit yang diderita Elizabet, perempuan tersebut memintanya tenang sejenak dan kembali lagi ke kamar Elizabeth dengan membawakan makanan dan air bersih.

Perempuan yang hingga kini tidak dia ketahui namanya tersebut merawatnya seperti bayi yang tanpa daya. Hingga akhirnya Elizabeth sembuh.

“Dia lah wajah Islam bagi saya,” kata Elizabeth kepada Oprah yang terbengong-bengong mendengarkan kisah Elizabeth dalam acara Super Soul tersebut.

Kisah itu menurut cendikiawan Muslim Haidar Bagir adalah wajah Islam sejati seperti dia tuliskan di akun twitternya Islam Cinta @Haidar_Bagir.

“Islam prp miskin di Lombok ini adlh Islam sejati, Islam Muhammadi. Dia menolong seorg wanita bule non-Muslim yg sakit & kesepian, yg bahkan dia tak ketahui namanya. Tanpa pamrih, pnh kelembutan & cinta kasih Tonton potongan wawancara Oprah ini… .”
https://twitter.com/Haidar_Bagir/status/1197446976729563136

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini