Soeharto Ternyata Gemar Cersil Kho Ping Hoo
Soeharto Ternyata Gemar Cersil Kho Ping Hoo

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa pemerintahan Soeharto ketakutan maupun kebencian terhadap Cina (Sinofobia) cukup besar. Etnis Tionghoa dituduh sebagai antek komunis.

Tak ayal, perayaan Imlek, pertunjukan barongsai, pemakaian istilah khas Cina hingga penulisan cerita silat (cersil) berbahasa Tionghoa pun dilarang keras.

Di balik gencarnya larangan tersebut, ternyata diam-diam Soeharto adalah seorang penggemar berat cersil berbudaya Tionghoa, salah satunya adalah karya Kho Ping Hoo. Aneh tapi nyata.

Maklum di era 70-an, Kho Ping Hoo adalah primadona cerita fiksi Tionghoa. Gaya tulisannya yang menarik, diselingi alur cerita dan konflik yang seru tentu memantik imajinasi pembaca. Sudah pasti para penggemarnya termasuk Soeharto akan penasaran untuk terus melanjutkan ke jilid atau judul-judul berikutnya.

Dikisahkan bahwa pada suatu kesempatan, Soeharto pernah menyuruh ajudannya mendatangi percetakan menanyakan jadwal terbit lanjutan edisi Kho Ping Hoo. Bahkan ia meminta agar serial terbaru Kho Ping Hoo dikirimkan ke Cendana.

Hal senada juga diungkapkan oleh Penerjemah cerita silat Cina, Gan KL. Ia menuturkan bahwa sekitar tahun 1960-an, salah seorang ajudan Soeharto sering mondar-mandir ke rumahnya menanyakan lanjutan cersil terjemahannya.

Karya Kho Ping Hoo laksana ‘oase penyejuk’ di hati keturunan Tionghoa yang hidup dalam tekanan di era Soeharto. Cersil yang dikemas dalam bentuk buku saku tersebut turut menjadi ‘sumber’ langka untuk kebudayaan, sejarah, agama bahkan moral Tionghoa.

Walaupun sebenarnya karya tersebut hanyalah tuangan fantasi Kho Ping Hoo, namun ikut membangkitkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajar lebih banyak tentang budaya Cina di kalangan pembacanya.

Selama 30 tahun, Kho Ping Hoo sukses menulis sedikitnya 120 judul cerita dan dikemas dalam 13 serial. Salah satu serial yang cukup melegenda adalah Bu Kek Sian Su.

Ia lahir dengan nama lengkap Asmaraman Sukowati Kho Ping Hoo, di Sragen, 17 Agustus 1926. Kemudian tutup usia 22 Juli 1994, pada umur 67 tahun.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here