Shin Tae-yong Sarjana Universitas Ternama dengan Prestasi Sepakbola Cemerlang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Shin Tae-yong saat ini sangat berarti bagi masyarakat Indonesia terutama para pencinta sepakbola tanah air. Sebab, berkat kejeniusannya, Timnas Sepakbola Indonesia memiliki kualitas permainan cantik yang membuatnya mampu tembus ke final Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong yang kini akrab dengan panggilan STY tersebut, membenahi Timnas Indonesia sejak 2019 setelah menandatangani kontrak selama empat tahun dengan PSSI.

Maka tak heran jika banyak pencinta sepabola Indonesia meminta PSSI memperpanjang kontrak itu apapun hasil timnas di final turnamen sepakbola bergengsi Asia Tenggara tersebut, karena sejak 11 tahun Indonesia tidak pernah ke final piala itu.

Namun, dalam dua tahun perjalanan karir sepakbolanya di Indonesia, STY tidak serta merta memperoleh hasil baik. Terbukti dia tidak berhasil membawa timnas kita ke Piala Asia karena kalah tipis 1-0 dari Australia Oktober 2021.

Meski begitu, banyak media Korea Selatan menyebut STY adalah sebuah keajaiban bagi Indonesia karena benar-benar berhasil mengubah roh timnas dari mudah putus asa menjadi tim dengan mental juara.

Berikut prestasi STY sebelum membuat timnas sepakbola Indonesia naik 10 peringkat FIFA saat ini.

Sarjana Universitas Ternama
STY bukan sekadar pesepakbola profesional, tetapi juga seorang sarjana dari universitas ternama Korea Selatan, Yeungnam University.

Banyak orang ternama Korea Selatan lulus universitas itu antara lain Park So Jin, Lee Hee Jon, juga politisi Cho Woo Jin.

Universitas Yeungnam memiliki peringkat ke 1138 di dunia, 248 di Asia, dan peringkat 27 di Korea Selatan.

Juara Liga Champions Asia 2010
Pada 8 Desember 2008, Tae Yong pernah diberi kesempatan menjadi pelatih caretaker Seongnam FC, klub sepakbola profesional Korea Selatan.

Saat dilatih STY, Seongnam berhasil meraih empat kemenangan dalam delapan pertandingan. Karenanya Seongnam akhirnya memutuskan mempermanenkan STY sebagai pelatih tetap sejak 18 Februari 2010.

Di musim pertama kepelatihannya STY berhasil membawa Seongnam menjadi juara Liga Champions Asia setelah mengalahkan Zob Ahan di final dengan skor 3-1.

Setahun kemudian STY berhasil menuaikan prestasi lanjutan karena sukses membawa Seongnam menjuarai Piala FA Korea.

Taklukkan Juara Dunia
Keberhasilannya di Seongnam, membuat STY ditarik menjadi asisten pelatih timnas Korea Selatan.

Pada 2014 dia ditetapkan Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sebagai pelatih caretaker timnas Korea U-23 dan U-20.

Baru empat tahun kemudian, STY dipercaya menjadi pelatih kepala Timnas Korea Selatan untuk putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Tim asuhan STY memang gagal lolos dari fase grup namun berhasil mengalahkan juara bertahan yakni Jerman dengan skor 2-0 lewat gol dari Kim Young Gwon dan Son Heung Min di masa injury time. (Indah Suci Raudlah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini