Setiap Hari Menonton Pertunjukan Musik, Tari Hingga Teater di Belanda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Harry Roesli memang seorang seniman yang “fluktuatif”, dalam arti tidak memiliki pakem tertentu terhadap penuangan ide-ide dalam karya-karyanya.

Harry Roesli lahir dari keluarga bukan sembarangan. Ayahnya, Roeshan Roesli, adalah Mayor Jenderal Purnawirawan TNI. Kakeknya, Marah Roesli adalah seorang sastrawan yang menulis karya Siti Noerbaja.

Saat berkunjung ke kediaman Harry Rusli, Minews.id bertemu dengan sang istri Kania Perdani Handiman. Dirinya banyak bercerita mengenai sang musisi nyentrik asal Bandung ini, salah satunya saat dirinya hijrah dan menempuh Pendidikan belajar musik ke Rotterdam Belanda.

Kania bercerita, awalnya sang suami Harry Roesli tak disetujui untuk menjadi seorang musisi oleh kedua orang tuanya, namun akhirnya keluarganya mengizinkan dengan catatan harus punya ijazah pendidikan.

“Kakaknya berperan disana dan meyakinkan bahwa passion dari Harry adalah bermusik,” cerita Kania.

Setelah dapat restu, dirinya cabut dari Fakultas Teknik Mesin ITB saat itu jurusannya mesin penerbangan. Menariknya, kata Kania masuknya ke ITB pun bukan kemauannya, karena pada saat itu, dirinya memilih ITB karena menghindari paksaan dari orang tuanya menjadi seorang dokter.

Kembali ke cerita Rotterdam, dirinya tahun 1978, mendapat beasiswa ke Den Haag, Belanda untuk menjalani studi musik di Rotterdam Conservatorium. Sebuah bukti nyata untuk orang tuanya bahwa ia benar-benar serius mendalami seni musik.

Di Belanda dirinya, banyak belajar tentang musik, terbukanya wawasan mengenai musik. “Ternyata banyak tentang musik yang tidak diketahui, dan dipelajari disana,” kata Kania.

Selama di negeri kincir angin itu, Harry juga aktif bermain piamo di restoran-restoran Indonesia dan main band dengan anak-anak keturunan Ambon di sana. Selain kepada menyalurkan talenta musiknya sekaligus kepada mencukupi kepentingan sehari-harinya yang tidak mencukupi dari beasiswa.

“Setiap hari waktu di Belanda, kita selalu menonton berbagai macam kesenian, mulai dari tari, teather, musik dan itu setiap hari,” kenang Kania.

Menurutnya ketika disana tidak diam, semua kesenian dilahap dan dipelajari dari mulai yang tradisional hingga modern. Sehingga dirinya menyimpulkan bahwa, sang suami Harry Roesli merupakan satu-satunya musisi yang musiknya kemana-mana, tidak fokus ke satu genre saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini