Seperti “Siti Nurbaya,” Marah Rusli Lawan Adat di Sekolah Dokter Hewan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap kali dihadapkan pada kata “Siti Nurbaya” kita selalu mengasosiasikannya dengan kekolotan adat. Itulah kesuksesan Marah Rusli yang mengarang roman tersebut 100 tahun lalu dan relevan hingga kini sampai menginspirasi musik bahkan film Indonesia.

Marah Rusli memang menyintai sastra sejak kecil. Dia senang mendengarkan cerita pendongeng yang di tanah Minangkabau disebut tukang kaba dengan berkeliling kampung menjual cerita dan membaca buku sastra.

Saat usianya menginjak 8 tahun, lelaki 7 Agustus 1889 itu, belajar di Sekolah Melayu, Kota Padang, lalu meneruskan ke Sekolah Raja di Bukit Tinggi.

Tetapi, dia tidak meneruskan ke jurusan sastra Indonesia ketika melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Ternyata Rusli memilih Sekolah Dokter Hewan di Bogor. Di sekolah itulah dia mulai merasa adat yang dianutnya selama ini tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman.

Dia bahkan membuat keputusan nekat dengan menikahi perempuan Sunda Nyai Raden Kencana yang dinikahinya 1911 saat Rusli masih menimba ilmu kedokteran hewan.

Padahal, orang tuanya sudah menjodohkan Rusli dengan gadis Minang keturunan bangsawan. Maka murkalah ayah dan ibu Rusli dan gemparlah kampungnya di Padang. Namun Marah Rusli tidak bergeming.

Kenekatannya itu sampai membuat keluarga dan warga kampung tempat tinggalnya membuangnya secara adat. Sampai akhir hayatnya dia tidak pernah menginjakkan kakinya di Padang.

Marah Rusli tetap menekuni profesinya sebagai dokter hewan hingga pensiun pada tahun 1952 dengan jabatan terakhir Dokter Hewan Kepala. Marah Rusli meninggal dunia pada tanggal 17 Januari 1968 di Bandung dan dimakamkan di Bogor, Jawa Barat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini