Selain Punya Ibukota Terdingin di Dunia, Nih Keunuikan Lain dari Negara Mongolia!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Beberapa hari penting jatuh pada tanggal 26 November. Selain tanggal di mana Howard Carter dan Lord Carnarcon memasuki makan Firaun, tetapi 26 November juga diperingati sebagai hari lahirnya negara Mongolia.

Mongolia adalah salah satu negara yang terletak di Asia Timur, berbatasan langsung dengan Rusia dan Tiongkok. Mongolia termasuk salah satu negara dengan kawasan cukup luas di dunia.

Negara dengan arti ‘berani’ ini adalah bangsa besar dengan beragam keunikan. Namun, masih sedikit hal yang diketahui dari negara yang dikenal sebagai asal dari penguasa legendaris, Genghis Khan ini.

Penasaran dengan negara yang terkenal sebagai paling sepi di dunia ini? Yuk kepoin beberapa fakta uniknya:

1. Populasi hewan ternak yang lebih banyak daripada penduduknya.

Hewan ternak di Mongolia. (Foto: sunriseodyssey.com)

Beternak menjadi salah satu sumber penghasilan paling terjamin di Mongolia karena negara ini nggak berbatasan langsung sama laut atau perairan luas. Dengan daratan yang luas, makanya hewan ternak di sana bisa hidup makmur.

Hewan ternak paling banyak dipelihara masyarakat Mongolia adalah kuda, kambing, dan unta. Dengan jumlah kuda terbesar di dunia, nggak heran kalau populasi kuda di Mongolia 13 kalinya jumlah penduduk di sana.

Dari usia 3 tahun, anak-anak Mongolia sudah diajarkan untuk menunggangi kuda oleh orangtuanya. Sementara itu, perbandingan kambing dan manusia di sana adalah 35 banding 1.

2. Tradisi hidup nomaden.

Tradisi nomaden warga Mongolia. (Foto: Pixabay.com)

Bertahan hidup di alam yang ekstrim sama sekali nggak mudah. Makanya, hidup berpindah-pindah atau nomaden menjadi tradisi sejak dahulu bagi masyarakat Mongolia. Hingga saat ini, ada sekitar 30 hingga 40 persen penduduknya yang masih hidup nomaden.

Beberapa suku akan berpindah tempat dengan membawa seluruh anggota keluarga, hewan ternak, alat perkakas, hingga tempat tinggalnya. Rumah tradisional Mongolia disebut ‘ger’.

Ger berbentuk seperti tenda, dengan rangka kayu yang dilapisi oleh bulu kempa (semacam kain dari kapas). Nggak heran kalau rumah tradisional mereka bisa dibongkar pasang dan cukup ringan untuk dibawa ke mana-mana. Ger juga cukup hangat untuk cuaca dingin.

3. Ibu Kota terdingin di dunia.

Mongolia jadi Ibu Kota terdingin di dunia. (Foto: mors74)

Mongolia berada di dataran tinggi dengan garis lintang yang juga tinggi. Tidak berbatasan dengan laut dan bertekanan udara tinggi, Ulaanbaatar dinobatkan sebagai ibu kota negara terdingin di dunia.

Suhu di Ulaanbaatar bisa mencapai -1 derajat celcius di musim dingin. Bahkan di luar ibu kota, musim dingin di Mongolia bisa mencapai -30 derajat celcius! Gokil!

Nggak heran kalau masyarakat Mongolia mempunyai atau membuat pakaian penghangat tubuh yang tebelnya bukan main, karena memang kondisi alam di sana yang mengharuskan mereka untuk terampil membuat pilihan jaket tradisional yang berbahan tebal.

4. Langit cerah hampir sepanjang tahun.

Langit cerah Mongolia. (Foto: Pixabay)

Walaupun iklim di sana ekstrem banget, tapi Moongolia sendiri mempunyai julukan “Land of Eternal Blue Sky” atau “Country of Blue Sky”. Yup, di sini kamu bisa memandang langit biru yang cerah selama sekitar 260 hari.

Dengan langit biru cerah yang hampir sepanjang tahun, bukan berarti cuacanya selallu hangat. Mongolia merupakan negara dengan kondisi ekstrem. Kalau panas, panas banget. Sekalinya dingin, dijamin kamu bakal menggigil.

5. Beragam festival.

Perayaan tahun baru Cina di Mongolia. (Foto: bluemongolia.com)

Mongolia memiliki beragam festival dengan keunikannya masing-masing. Di antaranya ada Mongolian Lunar New Year (Tsagaan Sar) yang diadakan antara akhir Januari hingga akhir Februari sebagai momen berkumpul dengan keluarga.

Selanjutnya ada Gobi Camel Festival (The Thousand Camel Festival), perayaan di Gurun Gobi untuk melestarikan unta Bactrian yang terancam punah dan juga sebagai rasa terimakasih manusia terhadap unta yang telah menemani selama hidup secara nomaden.

Selain itu ada juga festival musim semi, Nauryz, yang jatuh pada setiap 21-22 Maret sebagai rasa syukur akan hasil panen dan ternak selama setahun. Terakhir, ada festival terbesar Mongolia yaitu Naadam Festival, yang diadakan setiap musim panas dan penyelenggaraan 3 olahraga populer Mongolia, seperti gulat, panahan, dan berkuda.

Kalau kamu ingin berlibur ke sana, sangat disarankan untuk datang saat festival tersebut diselenggarakan, supaya liburanmu bisa lebih berkesan!

6. Penemu es krim.

Anak kecil asal Mongolia sedang menikmati es krim. (Foto: listverse.com)

Meski suhunya yang dingin banget, namun penjual es krim di Mongolia dengan senang hati akan menjual dagangannya langsung dari wadah kardus, tanpa adanya lemari es.

Cerita menarik mengenai asal-usul es krim. Suatu hari sebelum Marcopolo kembali ke Italia dengan es krim, para penunggang kuda Mongol dalam perjalanan jauh melintasi gurun Gobi di musim dingin dengan membawa krim dalam wadah yang terbuat dari usus binatang.

Saat sedang berkuda, krim cair itu terguncang dengan kuat ketika berada di suhu di bawah nol. Hal ini membuat krim tersebut membeku dan bercampur sekaligus. Nah, begitulah asal mula es krim dari bangsa Mongol.

Namun akibat konflik dengan Cina, sejarah es krim dari Mongolia jadi tenggelam dan banyak orang yang menyangka bahwa es krim berasal dari Italia karena dibawa oleh Marcopolo.

7. Sangat menghormati jasa Genghis Khan.

Genghis Khan
Genghis Khan. (Foto: Istimewa)

Genghis Khan adalah seseorang yang dianggap sebagai Bapak Penemu Mongolia. Ia berkuasa dengan menyatukan banyak suku nomaden di Asia bagian timur laut dan membangun kerajaan paling besar di dunia.

Hanya dalam kurun waktu 25 tahun, Genghis Khan dan prajuritnya mampu menaklukkan wilayah yang lebih luas dan dengan populasi yang sangat besar. Bahkan kekuasaan bangsa Romawi aja kalah cepat, karena membutuhkan waktu selama empat abad untuk menaklukkan wilayah yang sama luasnya dengan bangsa Mongolia lakukan.

Masyarakat Mongolia sangat menghargai jasa Genghis Khan dan jiwa nasionalisme warga Mongolia selalu tertanam. Untuk menghormatinya, penduduk Mongolia mendirikan monument Genghis Khan Equestrian Statue setinggi 40 meter yang berlikasi sekitar 1 jam dari Ulaanbaatar. (Dinda)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini