Potret Masa Muda Fidel Castro, Terlalu Ganteng untuk Wajah Seorang Komunis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rakyat Kuba, bahkan dunia pernah mengenal seorang revolusioner dan marxis kelas kakap. Ya, dia adalah Fidel Castro yang pernah menjadi Perdana Menteri hingga Presiden Kuba terlama sepanjang sejarah.

Castro yang lahir di Provinsi Oriente, Kuba pada 13 Agustus 2020 ini dikenal bukan hanya sebagai sosok pemimpin revolusi, namun juga pria tampan kharismatik yang bikin para wanita di zamannya klepek-klepek.

Mau tahu seperti apa wajah Fidel Castro di masa muda? yuk simak.

Fidel Castro muda

Castro lahir dari hubungan di luar nikah antara ayahnya, yakni Angel Castro Argiz dan ibunya Lina Ruz Gonzales. Castro memiliki enam saudara lainnya, salah satunya adalah Raul Castro.

Fidel Castro muda

Tahun 1945, Castro menjadi mahasiswa di Universitas Havana, Kuba. Ia mengambil jurusan hukum. Ia dikenal nakal, dan ikut dalam kelompok gengster. Dari masa-masa perkuliahan inilah, Castro mulai mengenal paham Marxisme-Leninisme.

Fidel Castro muda

Antara tahun 1954 hingga 1959, Fidel Castro memimpin gerakan revolusioner dengan gaya perang gerilya. Anggotanya tidak banyak, di antaranya adalah adik kandungnya Raul Castro dan Che Guevara. Kelompok yang bernama Gerakan 26 Juli ini berhasil melengserkan Presiden Kuba Fulgencio Batista pada 1959.

Fidel Castro muda

Fidel Castro kemudian menjabat sebagai Perdana Menteri Kuba dari tahun 1959 hingga 1976. Ia menjadi Presiden Kuba pada 1976 hingga 2008, lalu dilanjutkan oleh adiknya Raul Castro. Sosok pemimpin yang dikenal bertangan besi dan anti Amerika Serikat ini meninggal dunia pada 25 November 2016.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini