Pertama Kali Dirilis, Lagu Love Me Do Berhasil Mengubah Budaya Pop di Inggris

Baca Juga

MINEWS.ID, LONDON – Tahukah Anda, lagu The Beatles, Love Me Do, berhasil mengubah budaya pop Inggris dan memicu obsesi dunia terhadap grup dari Liverpool yang beranggotakan empat orang ini?

Singel yang dirilis oleh John Lennon, Paul McCartney, George Harisson dan Ringgo Star ini dirilis pertama kali pada 5 Oktober 1962.

Meski hanya nangkring di posisi 17 tangga lagu Inggris, “Love Me Do” bukan hanya rekaman pertama band tersebut melainkan sekaligus hit pertama mereka. ”Jelas sekali itu single pertama, tapi yang paling penting, kehadiran lagu itu menetapkan kebijakan mereka hanya untuk melepas lagu-lagu yang ditulis sendiri oleh Beatles,” ujar asisten direktur di majalah musik Inggris NME, Hamis MacBain.

Lagu “Love Me Do” direkam pada September 1962. Produser saat itu, George Martin, sebenarnya sedang mempromosikan lagu lain yang ditulis penyanyi Inggris, Adam Faith dan dinyanyikan oleh Fab Four, untuk populer. Namun ternyata The Beatles justru yang lebih moncer.

The Beatles bersikeras bahwa mereka hanya akan merilis lagu-lagu yang dibuat dan diproduksi oleh mereka sendiri. Lirik yang mengena dan harmoni yang mudah dikenal dari “Love Me Do” direkam di studio London yang paling terkenal dalam dunia musik, Abbey Road. Lagu ini dibuat oleh John Lennon dan Paul McCartney.

The Beatles kemudian sukses dengan sejumlah lagu-lagu mereka yang hingga kini masih terus hidup melalui platform rekaman. Apa boleh buat, The Beatles akhirnya menjadi legenda di dunia musik. Band ini tercatat dalam sejarah sebagai pembawa pengaruh besar tak hanya budaya pop di Inggris tapi juga di dunia.

Lagu-lagu mereka selalu meledak. Begitu pula gaya berpakaian, model sepatu dan model rambut yang disebut menyerupai mangkuk puding itu sukses menjadi pembicaraan lantas menjadi tren. The Beatles adalah fenomena. Kehadiran mereka selalu dinanti. Konser-konser mereka selalu dipadati penggemar, disambut dengan histeria meluap-luap para penggemar.

Perjalanan mereka meraih sukses, terjejak dari konser-konser di klub-klub kecil di tanah kelahiran mereka, hingga akhirnya berhasil merengkuh dunia setelah mereka tampil di acara Ed Sullivan Show tahun 1964. The Beatles pun keluar kandang, menjejak Amerika, disusul tempat-tempat lain di berbagai belahan dunia.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini