Pernah Jadi Sopir Truk! Berikut 5 Fakta Tentang Elvis Presley

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Elvis Presley merupakan seorang musisi kelahiran Amerika Serikat, 8 Januari 1935. Sebagai seorang musisi, ia dianggap sebagai salah satu ikon kebudayaan paling berpengaruh pada abad ke-20. Elvis dinobatkan sebagai ‘King of Rock n Roll’ atau ‘The King.’

Namun pada 16 Agustus 1977, Elvis menghembuskan napas terakhirnya karena serangan jantung. Dalam sejarah karir musiknya, ia banyak melahirkan karya-karya yang dikenal dunia.

Berikut beberapa fakta tentang Elvis Presley:

1. Pernah Jadi Sopir Truk

Tumbuh dalam keluarga miskin, yang tinggal di Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat, Elvis pernah menjadi seorang sopir truk setelah lulus sekolah menengah. Bahkan keluarganya sering mengandalkan bantuan pemerintah untuk menyambung hidup karena ayahnya hanya bekerja serabutan.

2. Bergabung dengan RCA Records

Pada tahun 1953, Elvis mengawali karir musiknya dengan melakukan rekaman bersama dengan lagu ‘My Happiness dan That’s When You Heartaches.’ Lagu tersebut ia dedikasikan untuk ibunya sebagai hadiah ulang tahun. Itu bukanlah rekaman resminya, karena pada tahun 1954 barulah ia melakukan rekaman pertamanya dengan produser Sam Phillips di Sun Records.

Jumlah penggemarnya mulai banyak setelah ia menandatangani kontrak bermusik bersama RCA Records. Single pertama Elvis di RCA berhasil menjadi Top Hit di Amerika Serikat. Lagu tersebut berjudul ‘Heartbreak Hotel’ yang dirilis pada tahun 1956 dan dianggap sebagai langkah awalnya menjadi tokoh Rock n Roll.

3. Mengikuti Wajib Militer

Dengan dukungan dari sang ibu, Elvis masuk Angkatan Darat pada tahun 1958. Kemudian ia ditugaskan selama dua tahun di Jerman. Seharusnya ia menjalani wajib militer saat usianya 18 tahun, pada tahun 1953.

Namun, ia diberikan kelonggaran karena harus menyelesaikan pendidikan di L.C Humes High School di Memphis dan menyelesaikan film Hollywood ketiganya. Sangat disayangkan, ketika ia masih bertugas di Jerman, ibunya menghembuskan nafas terakir karena didiagnosis menderita hepatitis.

Selama bertugas di Jerman, Elvis banyak mempelajari beladiri Karate. Hingga pada tahun 1958 ia dianugrahi sabuk hitam oleh Hank Slemansky sebelum kembali ke Amerika Serikat. Pada tahun 1960, Elvis mengakhiri wajib militer yang ia jalani dan kembali mengawali karir filmnya.

4. Menyabet Golden Globe Award

Setelah selesai mengikuti wajib militer, pada tahun 1960 Elvis beralih ke seni film. Sebanyak 27 drama musikal pernah ia mainkan dan sukses dalam peredarannya. Film Elvis on Tour yang ia rilis di tahun 1972 menjadi film documenter dan mendapatkan penghargaan prestisius, Golden Globe Award.

Selain itu, ia juga salah satu musisi terkaya yang berhasil menjual sebanyak 600 juta unit rekamannya di seluruh dunia.

5. Tidak Pernah Tampil di Luar AS

Setelah cuti selama tujuh tahun dalam bermusik, Elvis kembali tampil di layar televisi dan diikuti dengan rangkaian turnya. Namun karena managernya seorang imigran ilegal, ia tidak berani untuk manggung di luar AS. Ia khawatir jika managernya tidak bisa kembali ke AS jika pergi ke luar negeri. (Hastina/R)

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini