Penemu Jam Tangan Ternyata Tak Paham Soal Jam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jam buatan Swiss begitu terkenal dan dihargai mahal, namun ternyata penemu jam tangan bukan lah berasal dari negara tersebut. Lalu, siapa dan dari mana asal penemu jam?

Jam tangan tertua yang diketahui adalah jam tangan milik Ratu Inggris Elizabeth I yang dibuat oleh Robert Dudley pada tahun 1571. Dari abad 16 hingga awal abad 20, jam tangan hanya digunakan oleh wanita, sedangkan pria menggunakan jam saku.

Namun, Robert Dudley bukanlah orang yang diberi julukan sebagai Bapak Jam Tangan. Melainkan seorang berkebangsaan Jerman yang bernama Peter Henlein. Ia adalah orang yang pertama kali memprakarsai berkembangnya teknologi jam tangan.

Peter Henlein mengawali kariernya dengan magang sebagai tukang kunci di tahun 1504. Di masa itu pula tukang kunci memiliki cukup keterampilan untuk membuat suatu perangkat sejenis jam tangan.

Pada 1509, dirinya mulai dikenal sebagai pembuat jam hias (taschenuhr) berukuran mini yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Jam hias kecil yang memiliki tenaga kuningan sangatlah langka dan mahal sehingga banyak digunakan sebagai barang perhiasan elit oleh kaum bangsawan saat itu.

Tapi, tahukah kamu bahwa Henlein tidak mempunyai pengetahuan sama sekali tentang jam? Para pakar matematika juga dikejutkan dengan keberadaan jam tangan kecil yang bisa dibawa ke mana-mana, ternyata diciptakan oleh pemuda-pemuda Nuremberg dan dikepalai sendiri oleh Henlein.

Mereka menunjukkan 40 jam pertamanya dengan komposisi yang sempurna dan mempunyai berat yang sangat ringan. Komposisi tersebut lah yang membuat pakar matematika heran. Bahan-bahan yang digunakan sungguh kecil dengan roda yang sangat rumit.

Jam tangan yang dihasilkan pun juga diketahui oleh kaum bangsawan yang membuat Peter cukup dikenal setelahnya.

Lalu, pada kondisi tertentu, jam mini buatan Henlein digunakan sebagai liontin atau aksesoris yang melekat pada pakaian. Beberapa sumber informasi mengatakan bahwa Peter Henlein juga memasok jam hias ini sebagai hadiah atau penghargaan terhadap orang-orang berprestasi atau yang memiliki reputasi penting di tengah-tengah masyarakat.

Peter Henlein juga dikatakan sebagai pengrajin pertama yang berhasil membangun sebuah menara jam di Lichtenau Castle pada tahun 1541. Sebagai bentuk penghargaan yang diberikan atas dedikasinya sebagai pembuat instrumen ilmiah, pemerintah kota tersebut akhirnya membangun sebuah patung Peter Henlein sebagai orang pertama yang menemukan jam tangan.

Peter Henlein lahir pada tahun 1485 dan wafat pada Agustus 1542. Kemudian pada 1905, pemerintah Jerman akhirnya membuat museum nasional untuk memberikan penghormatan terhadap jasa Peter Henlein.

Reporter: Indah Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini