Model Cantik Halima Aden Mundur dari Dunia Modeling

Baca Juga

MATA INDONESIA, ISTANBUL – Model cantik Halima Aden memutuskan mundur dari dunia model. Sikap Aden berhubungan dengan keyakinannya sebagai seorang muslim.

Model Muslim berusia 25 tahun ini telah tampil di sampul majalah Vogue edisi bahasa Inggris, Vogue edisi bahasa Arab dan majalah Allure. Halima Aden mengatakan karena pekerjaannya, ia kadang tak bisa melakukan salat atau tak mengenakan hijab sebagaimana mestinya.

Situasi ini membuatnya merasa tak nyaman dan karenanya memutuskan untuk mundur dari dunia modeling. Dalam unggalan di Instagram, Halima Aden menulis bahwa pandemi virus corona memberinya waktu untuk berhenti dan berpikir tentang nilai-nilai sebagai perempuan Muslim.

Halima Aden merupakan model Muslimah keturunan Somalia-Amerika, yang lahir di sebuah kamp pengungsi di Kenya. Orang tuanya membawanya ke Amerika Serikat pada usia enam tahun.

Halima Aden
Halima Aden

Saat berumur 18 tahun, ia ditemukan oleh agen pencari bakat IMG Models ketika tampil di babak semifinal di Miss Minnesota. Dalam sejarah ajang ini, ia menjadi perempuan pertama yang tampil dengan mengenakan hijab.

Sejak itu, ia dikenal sebagai perempuan yang memperkenalkan gaya busana modest, gaya pakaian yang menutup seluruh bagian tubuh, di berbagai pertunjukan fesyen.

Aurat

Pada 2017, Halima Aden ikut kompetisi Miss Minnesota. Selama kontes itu, Aden juga mempertahankan pakaiannya agar tetap menutup aurat. Termasuk saat peragaan busana renang, Aden memilih pakaian tertutup dan berhasil membawanya masuk semifinal kontes kecantikan.

Keberaniannya tampil sederhana dengan tetap mempertahankan pakaiannya sebagai Muslimah, menarik desainer fashion terkenal untuk bekerja sama, di antaranya Max Mara, Alberta Ferretti, dan fashion line Kanye West, Yeezy. Aden juga membuat sejarah setelah menjadi wanita kulit hitam pertama yang menghiasi sampul majalah Essence berhijab untuk edisi ulang tahun ke-50 yang bersejarah pada Desember 2019.

Halima Aden mengatakan menjadi perempuan berhijab sekaligus model memiliki sisi positif dan negatif. Ia mengatakan masalahnya berakar pada minimnya perempuan Muslim di dunia modeling yang memahami pentingnya perempuan mengenakan hijab.

Atas keputusan mundur dari dunia modeling, Halima Aden menerima banyak dukungan antara lain dari model Bella dan Gigi Hadid. Ia juga mendapat dukungan dari Rihanna.

Dalam perjalanan kariernya, ia pernah tampil di pertunjukan busana merek Fenty Beauty dan Yeezy milik Rihanna dan Kanye West. Aden memuji Rihanna karena membolehkannya mengenakan hijab saat memeragakan pakaian di atas panggung.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini