(Foto: Istimewa)

MINEWS, JAKARTA – Pendiri Masjid Kubah Emas, Dian Al Mahri dikabarkan meninggal dunia pada Jumat, 29 Maret 2019 sekitar pukul 02.30 WIB. Pemilik nama asli Hj Dian Djuriah Rais tersebut berpulang di usianya yang ke 70 tahun.

Sebelum meninggal, nama Dian Al Mahri sendiri mencuat setelah membangun Masjid Kubah Emas yang sangat mewah di Kota Depok, Jawa Barat. Masjid luas nan megah dengan arsitektur indah tersebut sukses mencuri perhatian masyarakat sekitar tahun 2006. Apalagi setelah diklaim sebagai masjid termegah se-Asia Tenggara.

Kala itu, banyak yang penasaran dengan sosok Dian Al Mahri. Siapa sebenarnya ia hingga mampu mendirikan sebuah masjid super megah seperti itu.

Dan untuk mengetahui lebih jauh sosok Dian Al Mahri, berikut kami ungkap beberapa fakta menarik tentang almarhumah.

Dimakamkan di mana?

Setelah meninggal dunia, jenazah Dian Al Mahri akan dimakamkan hari ini juga, Jumat, 29 Maret 2019 di Kompleks Masjid Kubah Emas, Cinere, Depok.

Siapa sebenarnya Dian Al Mahri?

Hj Dian Djuriah Rais ternyata merupakan pengusaha asal Banten. Menurut informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber, Dian memiliki usaha kilang minyak di beberapa negara Asia dan Timur Tengah, seperti Brunei Darussalam.

Awalnya, ia membeli tanah hanya untuk investasi. Namun ternyata, tanah yang ia beli mengandung minyak bumi hingga pada akhirnya Dian mendapatkan penghasilan dari minyak bumi yang mengalir deras di lahan miliknya.

Konon keuntungannya mencapai Rp 400.000.000 per hari dan ia menyumbangkan hartanya sebesar 50 % untuk membangun Masjid Kubah Emas Depok atau Masjid Dian Al Mahri ini.

Dikenal dermawan

Menurut informasi, Dian dikenal sangat dermawan. Salah satu bukti kedermawanannya adalah jalan raya Meruyung yang diperbaiki dan dicor oleh Dian karena banyaknya bus-bus yang lewat terutama pada hari libur. Bus-bus yang membawa rombongan banyak orang itu datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengunjungi Masjid Kubah Emas Depok.

Misteri rumah Dian Al Mahri

Selain masjid, kemegahan rumah Dian Al Mahri juga sempat jadi sorotan publik. Rumah super megah itu berada satu kompleks dengan Masjid Kubah Emas Depok. Bangunan ini selalu dijaga ketat oleh petugas. Namun kabarnya, Dian Al Mahri jarang mendiami rumahnya tersebut lantaran lebih sering ke luar negeri untuk mengurus bisnis-bisnisnya.