Mengenang Pramoedya Ananta Toer dalam 7 Kutipan Abadi di Bumi Manusia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Pramoedya Ananta Toer telah meninggalkan kita semua pada 30 April 2006, tepat 13 tahun lalu. Ia telah menitipkan semangatnya yang tertuang dalam banyak karya untuk Indonesia.

Meski setengah hidupnya habis di penjara akibat kekejaman rezim, api Pram tak pernah padam. Dari balik jeruji besi, ia menciptakan buku karya terbaiknya yang diagung-agungkan bahkan di seluruh dunia. Ya, itulah Bumi Manusia, seri pertama dari Tetralogi Buru yang ditulis Pram ketika ia dipenjara oleh rezim Soeharto tanpa proses pengadilan.

Bumi Manusia pertama kali diterbitkan tahun 1980. Baru terbit, buku itu langsung dilarang oleh pemerintah. Banyak aktivis dan orang-orang pergerakan yang tergugah setelah membaca Bumi Manusia. Selain cerita penuh gejolak sang tokoh utama Minke, Pram juga menyusupkan pesan-pesan penting yang membangkitkan semangat para pembacanya.

Setidaknya, ada 7 kutipan paling terkenal dari buku Bumi Manusia:

1. “Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan.”

2. “Kalau kemanusiaan tersinggung, semua orang berperasaan dan berpikiran waras ikut tersinggung, kecuali orang gila dan orang yang berjiwa kriminil, biar pun dia sarjana”

3. “Cerita tentang kesenangan selalu tidak menarik. Itu bukan cerita tentang manusia dan kehidupannya, tapi tentang surga, dan jelas tidak terjadi di atas bumi kita ini”

4. “Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri”

5. “Berterimakasihlah pada segala yang memberi kehidupan.”

6. “Duniaku bukan jabatan, pangkat, gaji, dan kecurangan. Duniaku bumi manusia dengan persoalannya.”

7. “Mereka membela apa yang menjadi haknya tanpa mengindahkan maut. Semua orang, sampai pun kanak-kanak!”

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini