Mengenang Kong Naim, Kakek Yang Bisa ‘Bertelur’ di Penjaringan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Beberapa tahun lalu, tepatnya 2014, warga di sekitar Penjaringan, Jakarta Utara dibuat geger dengan kabar seorang kakek bernama Sinin alias Kong Naim. Kakek berusia 70 tahun ini mengaku bisa bertelur. Bagaimana kabar Kong Naim sekarang?

Pria tua itu dikabarkan sempat tinggal di Jalan Tanjung Wangi, RT 3 RW 12, Penjaringan, Jakarta Utara. Namun, menurut penuturan warga di sana, Kong Naim sudah lama pergi meninggalkan Jakarta.

Salah seorang warga, Sumarnih (49), mengatakan, Kong Naim sudah pindah sejak pensiun dari perusahaannya beberapa tahun yang lalu. Keputusan Kong Naim untuk meninggalkan Jakarta, saat namanya ramai diberitakan media karena bisa mengeluarkan telur.

Ibu penjual makanan ini pun mengaku bahwa ia adalah saksi pertama yang mengetahui Kong Naim bisa mengeluarkan telur. Ia bercerita, saat itu ia diminta untuk mengurut pinggang si kakek.

“Pas dia pulang kerja langsung geletak di sini (depan rumah Sumarnih), pingsan gitu ya. Namanya tetangga saya tanya ‘kenapa, Kong?’, dia bilang ‘tolong pijitin (pinggang) belakang saya, saya mau bertelur’,” ujarnya.

Awalnya Sumarnih tak percaya, meski begitu ia tetap menuruti keinginan Kong Naim. Ternyata benar saja, tak lama setelah ia memijat pinggang si kakek, sebuah jendolan keluar dari anus si kakek. Jendolan itu ternyata sebuah telur.

“Dari situ geger. Karena di pinggir jalan begini kan, orang jadi tahu semua. ‘Engkong bertelur-bertelur’ jadi semua orang tahu. Rame di sini,” ucap Sumarnih.

Kejadian itu terus berulang di hari-hari berikutnya. Menurut Sumarnih, Kong Naim pernah ditemukan pingsan di pos kamling di lingkungan tersebut. “Badannya kaya oglek-oglek gitu, kaya buaya. Ngeluarin telur juga,” ujarnya.

Banyak warga pun berdatangan untuk melihat kejadian ‘gaib’ itu. Hal itu kemudian dimanfaatkan dengan menarik biaya Rp5000, jika ingin melihatnya bertelur. Tidak hanya itu saja, sejumlah warga kemudian ada pula yang mengambil telur-telur Kong Naim dengan alasan untuk dijadikan obat.

Setelah itu, Kong Naim sempat dibawa ke Rumah Sakit Koja untuk diperiksa secara medis. Dokter Ahli Bedah dr Bayu Aji, menjelaskan kondisi perut dan anus Kong Naim dalam keadaan normal dan tidak ditemukan indung telur di dalamnya. Sementara soal telurnya juga sudah diperiksa di rumah sakit hewan di Bogor. Hasil pemeriksaan terhadap telur yang diberikan oleh pria yang akrab dipanggil Kong Naim itu ternyata telur ayam.

“Sudah (diperiksa telurnya) diperiksa di rumah sakit hewan di Bogor. Itu hasilnya adalah telur ayam yang sudah dua minggu dieramin sama ayam,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati.

Dien juga mengungkapkan, Kong Naim hanya berhalusinasi bisa bertelur. Tidak mungkin manusia menghasilkan telur ayam. “Itu halusinasi saja dan bukan telur orang. Telur itu bukan komponen telur orang, tapi telur ayam. Mana mungkin orang bertelur ayam,” ujarnya.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini