Mengenang Cerita Ekspedisi 1983, Jokowi Jadi Orang Pertama yang Mencapai Puncak Kerinci

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Tak banyak yang tahu jika Presiden Joko Widodo hobi bahkan mahir mendaki gunung. Ia bahkan menjadi salah satu anggota tim Ekspedisi Kerinci di tahun 1983.

Dan hebatnya lagi, ternyata ia menjadi orang pertama dalam tim tersebut yang tiba di puncak Gunung Kerinci. Kisah ini diungkap dalam buku berjudul “Jokowi Travelling Story: Kerinci 1983” yang diluncurkan di Jakarta, Senin 8 April 2019 lalu.

Dalam buku yang ditulis oleh Rifqi Hasibuan itu diceritakan, untuk mencapai puncak Kerinci yang berketinggian 3.805 meter dpl, Jokowi menggunakan sepatu kets. Sementara rekan-rekannya yang lain menggunakan sepatu lars.

“Belum ada standardisasi naik gunung kayak sekarang, packing dia (Jokowi) sederhana saja,” kata Arif Mulia Nasution alias Ucok, teman seangkatan Jokowi di Fakultas Kehutanan UGM, dikutip Kamis, 11 April 2019.

Buku tersebut juga mengulas tentang masa muda Jokowi saat bergabung dengan komunitas Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Silvagama. “Beliau (Jokowi) itu pendiam, tapi banyak solusi, problem dalam perjalanan beliau yang memecahkan,” kata Ucok.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini