Mengenal Stephen Hillenburg, Sosok di Balik Karakter Spongebob Squarepants

Baca Juga

MATA INDONESIA JAKARTA – Siapa yang tidak mengenal karakter Spongebob Squarepants? Serial kartun animasi yang rilis sejak tahun 1999 disebut paling popular sepanjang masa. Karakter spons berwarna kuning yang tinggal dalam sebuah rumah nanas ini diciptakan oleh Stephen Hillenburg.

Ia merupakan seorang animator dan ahli biologi laut asal Amerika Serikat. Kegemaran Hillenburg pada kehidupan laut sudah tumbuh sejak kecil, ketika ia menyaksikan film yang dibuat oleh ahli laut Prancis, Jacques Cousteau.

Pria yang lahir pada 21 Agustus 1961 ini terlahir dengan nama lengkap Stephen McDannell Hillenburg. Selain animator dan ahli biologi, Hillenburg adalah seorang penulis, produsen, aktor, pengisi suara, dan sutradara terkenal di Amerika Serikat.

Besar di Anaheim, California, Hillenburg kemudian melanjutkan pendidikan di Humboldt State University dan meraih gelar dalam Interpretasi dan Perencanaan Sumber Daya Laut pada 1984. Kemudian untuk membantu karir animasinya, pada tahun 1992 Hillenburg mengikuti California Institute of the Arts (CalArts).

Pada akhir tahun 1980-an, Hillenburg mengajar tentang biologi laut di Ocean Institute di Dana Point. Setelah lulus dari CalArts, Hillenburg bertemu dengan Joe Murray dan ditawarkan pekerjaan sebagai sutradara dalam seri Rocko Modern Life.

Hillenburg mulai mengembangkan Spongebob Squarepants, yang pertama kali tayang pada 1 Mei 1999. Dalam karirnya, Hillenburg telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya memenangkan satu Emmy Award dan enam Annie Award untuk Spongebob Squarepants.

Penghargaan lain yang ia raih adalah Walk the Talk dari Heal the Bay. Sebagai usahanya untuk meningkatkan kesadaran terhadap kehidupan laut melalui serial Spongebob Squarepants.

Hilleburg juga mendapatkan Television Animation Award dari National Cartoonists Society. Sedangkan pada tahun 2002, ia mendapatkan Statue Award dalam film Princess Grace Foundation.

Pada Maret 2017, Hillenburg mengungkapkan penyakit yang ia derita selama ini. Hillenburg menderita penyakit Sklerosis Lateral Amiotrofik, penyakit mematikan yang dapat mengendalikan otak dan sumsum tulang belakang.

Akhirnya, pada 26 November 2018, Hillenburg menghembuskan nafas terakhir akibat komplikasi penyakit yang diderita. (Hastina/RyV)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini