Mengenal Sederet Bass yang Pernah Dipakai John Deacon Queen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski sudah tak bermusik lagi sejak 1997 lalu, nama John Deacon, bassist band legendaris Queen tetap dikenang sebagai musisi besar.

Sepanjang karirnya bersama Queen, Deacon dikenal sudah beberapa kali berganti jenis bass. Meski berganti jenis perangkat, namun permainannya tetap saja tidak pudar.

Yuk, kenalan dengan beberapa bass yang pernah dipakai manggung oleh musisi kelahiran Leicester 19 Agustus 1951 ini:

1. Rickenbacker 4001

Rickenbacker 4001

Awalnya, antara tahun 1971 hingga 1972, Deacon memakai bass Rickenbacker 4001 yang diciptakan Roger Rossmeisl sekitar tahun 60-an. Namun, karena kerap menemui masalah saat proses rekaman, Deacon tak lagi menggunakan bass jenis ini.

2. Fender Jazz Bass

Fender Jazz Bass

Nama lainnya adalah J-Bass. Deacon memakai bass ini hanya dalam waktu yang sangat singkat. J-Bass dikenal lebih kaya nada pada midrange dan treble, yang diciptakan Leo Fender pada 1960.

3. Fender Precision Bass

Fender Precision Bass

Dengan Fender Precision Bass inilah John Deacon menjadi legenda. Ini adalah jenis bass keluaran 1950 yang paling lama digunakannya. Deacon menggunakan bass ini sejak 1972, setelah Rickenbacker 4001 dan J-Bass.

Selain itu, Deacon juga pernah menggunakan bass jenis Music Man StingRay, Kramer DMZ 4001, Fender Precision Bass Elite, Fender Telecaster Bass, Fretless Fender Precision, Warwick Buzzard, dan Wal Pro Bass.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini