Mengenal Nurmansjah Lubis dan Riza Patria, Duo Cawagub DKI

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Partai Gerindra dan PKS mengeluarkan nama jagoan mereka sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang sudah dua tahun kursinya kosong ditinggal Sandiaga Uno.

Dua nama itu adalah Nurmansjah Lubis dari PKS dan Riza Patria dari Partai Gerindra. Untuk mengenal lebih jauh, berikut profil kedua Cawagub DKI Jakarta.

Nurmansjah Lubis

Nurmansjah Lubis pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta selama dua periode, 2004-2009 dan 2009-2014.

Ia tercatat menjadi Bendahara Umum PKS 1998. Ia menjadi Ketua Umum PKS Kebon Pala I pada 2002-2005, Ketua Komisi Legislasi Majelis Pertimbangan Wilayah (WPW) PKS periode 2005-2010, dan Ketua Komisi Kebijakan Publik dan Kajian Strategi MPW PKS tahun 2010-2015.

Pada Pemilihan Legislatif 2019, Nurmansjah tidak terpilih setelah dirinya mencalon untuk ketiga kalinya menjadi DPRD DKI Jakarta.

Untuk mendapatkan gelar S2, Nurmansjah belajar di 3 Almamater, dimulai dengan D3 Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), S1 STIE YAI Jakarta pada 1995, dan terakhir gelar S2 di STIE IPWI Jakarta tahun 1997.

Sebelum namanya diangkat menjadi cawagub, PKS sudah terlebih dahulu menyerahkan dua nama ke DPRD DKI Jakarta pada Maret 2019, Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Karena tak kunjung diproses, PKS baru mengajukan dua nama alternatif kepada Gerindra. Nama itu adalah Nurmansjah dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault.

PKS menilai Nurmansjah lebih berpengalaman dalam menangani masalah Jakarta karena ia pernah menjadi anggota DPRD selama dua periode.

Ahmad Riza Patria

Politikus kelahiran Banjarmasin ini namanya kembali mencuat ke publik setelah Gerindra mengajukan dirinya menjadi cawagub untuk mendampingi Anies Baswedan.

Dalam politik, Riza Patria pernah berkiprah menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI periode 2014-2019, sekaligus Wakil Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI.  Saat itu, ia mewakili dapil Jawa Barat 5, Kabupaten Bogor.

Periode kedua ia kembali terpilih menjadi anggota DPR RI 2019-2024 melalui Partai Gerindra dengan perolehan 54.528 suara. Riza mewakili dapil Jawa Barat 3 yang meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Latar belakang akademisi Riza Patria tercatat pernah menjadi mahasiswa di S1 Teknik Sipil ISTN tahun 1989 hingga 1997. Dia juga melanjutkan pendidikan S2 Master in Bussines Administration, ITB Bandung, pada tahun 2004 hingga tahun 2008.

Putra mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia Drs. H. Amidhan ini juga menghabiskan masa mudanya di berbagai organisasi. Ia pernah menjabat posisi strategis sebagai ketua Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) selama dua periode, mulai 1999-2002 hingga 2002-2005.

Riza sebelumnya juga pernah ikut kontestasi pemilihan Gubernur DKI. Saat itu dirinya mencalonkan sebagai wakil gubernur yang berdampingan dengan Hendardji Soeandji pada tahun 2012. (Maropindra Bagas/R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini