Mengenal Muhammad Arief Budiman, Peneliti Genetika Terkemuka Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak banyak peneliti genomik dari Indonesia yang mendapat pujian dunia internasional. Salah satunya adalah Muhammad Arief Budiman.

Ditilik dari raut wajahnya mungkin kita mengira lelaki kelahiran Yogyakarta 28 September 1970 itu berasal dari Benua Kuning, sangat pantas jika di mengaku Warga Cina, Jepang atau Korea.

Salah satu pujian yang dituliskan BusinessWeek menyebutkan Arief telah menjadi eksekutif kunci perusahaan bioteknologi ternama Orion Genomic.

Di perusahaan yang berkantor pusat di Saint Louis, Missouri, Arief telah bergabung sejak lulus program pasca doctoral dari Clemson University Genomics Institute tahun 1999.

Jabatannya sebagai Kepala Library Technologies Group, menurut BusinessWeek, merupakan satu dari enam eksekutif kunci perusahaan genetika itu.

Bahkan Presiden & CEO Orion, Nathan D. Lakey, MBA, Presiden & CEO Orion Genomics, mengatakan, “Selama sepuluh tahun terakhir (dari tahun 2016), Arief telah memimpin tim sains yang membuat banyak terobosan dan terobosan ini akan dikomersialisasikan di Indonesia oleh Orion Bio Science, sebuah perusahaan di mana Arief adalah presidennya.”

Jalan hidup Arief mungkin tidak akan secemerlang sekarang jika saja matanya tidak berkacamata minus saat dia SMP. Sebab, sebelumnya dia bercita-cita menjadi pilot, namun diubah menjadi dokter karena keinginan memberi sebanyak-banyak manfaat untuk orang lain.

Tapi sayang penerimaan mahasiswa tanpa tes dihapuskan pada 1989 sehingga Arief harus mengubur dalam-dalam cita-citanya menjadi dokter agar bermanfaat untuk orang lain.

Beasiswa Habibie lah yang justru mengantar pada kejayaannya sebagai peneliti gen terkemuka di dunia.

2 KOMENTAR

  1. Kita semua tau cikal bakal Seleruh Negeri ini tak lain dan tak bukan adalah Belanda.maka itu ,kita juga sadar bahwa permodalan nenek moyang kita semua juga Belanda yg mewariskannya. Dan sadarkah akan hal itu ,bahkan perundangan yg hakikipun untuk penataan ruang lingkup secara lengkap dan permanen di wariskan dan hal itu tak lekang oleh panas dan tak usang oleh waktu .! Dan dan dan untuk itu Ojo podo rumongso keminter ! Mundak keblinger….! Santai ajalah ,mengalir dan jangan melawan arus agar kita kelak Anak cucu kita menikmati dunia baru yg nyatu dg panorama Surgawi Amin ya Rob,Amin yatuhan Amin ya Bhuda, Amin ya Narayan, Amin Ya Alloh..raja segala Ilusi Amin Amin Amin

  2. Tetapi, patut berterima kasih pula kepada Negara Negara yg ikut berperan mencerdaskan Bangsa Bangsa,di manapun dan manapun,kita semua tau mereka bersusah payah dg menyumbangkan segala akal Budi ,tenaga pikiran untuk tercapainya dalam mewujudkan kemakmuran,kesejahteraan keadilan ,menuju Kebenaran dan kemuliyaan..yg itu semua, di lakukan tidak hanya oleh Pemerintahan saja tetapi terdukung ormas ormas di manapun dan apapun..maka ke depan para Pemerintahan harus bisa mengendalikan dan atau bisa menjadi pengendali seluruh Golongan yg ada..ini semua demi stabilitas global

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini