Almarhum Beau dan Joe Biden.
Almarhum Beau dan Joe Biden. (obamawhitehouse.archives.gov)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jarang terungkap, perkawinan Presiden Joe Biden dengan ibu negara, Jill Tracy Biden berkat almarhum Beau Biden.

Beau yang nama lengkapnya Joseph Robinette Biden III adalah anak sulung Biden dengan istri pertamanya, Neilia.

Neilia dan adik perempuan Beau, Naomi, tewas dalam sebuah kecelakaan mobil saat dalam perjalanan berbelanja kebutuhan natal Desember 1972.

Beau dan adiknya Hunter ikut serta dalam kendaraan naas itu, tetapi mereka hidup dengan luka parah. Beau yang saat itu belum genap empat tahun mendapat banyak patah tulang dan Hunter mendapat luka di tulang tengkoraknya.

Keduanya harus dirawat beberapa bulan di rumah sakit, sementara sang ayah dilantik menjadi Senat Amerika Serikat beberapa hari setelah kecelakaan itu atau Januari 1973.

Menjelang berusia delapan tahun, Beau dan Hunter selalu mendorong ayah mereka untuk menikah lagi. “Kapan kita menikah?” begitu Beau kecil saat mendesak ayahnya.

Pertemuan Jill dengan Joe Biden terjadi pada Maret 1975. Sebelumnya, Jill sempat menikah dengan Bill Stevenson, tetapi mereka berpisah.

Awalnya Jill ragu-ragu menikahi Biden. Namun, setelah Joe Biden melamarnya hingga lima kali, Jill meyakini pria pilihannya. Dia bahkan bertekad menjadi ibu pengganti 100 persen bagi anak-anak Biden yang masih kecil-kecil saat itu.

Akhirnya Joe dan Jill menikah pada Juni 1977 dan Beau menyebutnya sebagai “ibu kedua.”

Beau yang lahir 3 Februari 1969 itu memiliki pengalaman yang cukup lengkap. Sarjana hukum dari Universitas Syracuse tersebut bekerja di pengadilan, lalu menjadi jaksa federal.

Dia juga pernah menjabat Jaksa Agung Delaware periode 2007-2015, pernah bergabung dengan militer Amerika Serikat dan mendapat penghargaan bintang perunggu.

Pada 2016, Beau sebenarnya berniat mencalonkan diri menjadi Gubernur Delaware. Namun 20 Mei 2015, dia harus dirawat di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, karena kanker otaknya kambuh.

Beau berpulang 10 hari kemudian, 30 Mei 2015, pada usia 46. Pemakamannya diadakan di Gereja Katolik Roma St. Antonius Padua di Wilmington, Delaware, pada 6 Juni 2015. Ia dimakamkan di St. Joseph di Brandywine di Greenville, Delaware.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here