Meneladani Sifat Super Dermawan Utsman bin Affan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Siapa yang tak kenal Utsman bin Affan? Sahabat Nabi Muhammad SAW yang merupakan khalifah ketiga dalam Khulafaur Rasyidin ini dikenal sebagai pedagang kaya raya yang dermawan.

Ia tak pernah ragu untuk memberi sedekah dari seluruh barang dagangannya dan makanan kepada seluruh fakir miskin dan penduduk Madinah yang membutuhkan.

Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling tinggi rasa malunya ini, mampu mengeluarkan hartanya tanpa merasa kehilangan demi membantu orang-orang yang miskin dan kelaparan. Kisahnya yang paling diingat pembebasan Sumur Raumah.

Dikisahkan, sumur Raumah merupakan salah satu peninggalan sejarah masa Khalifah Utsman bin Affan. Sumber mata airnya berada tepat di sebelah Masjid Qiblatain, Madinah, Arab Saudi.

Kala itu, Madinah sedang mengalami masa paceklik. Hal ini membuat masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih untuk minum dan berwudhu. Sumur yang sebelumnya milik seorang Yahudi ini, dimanfaatkan pemiliknya untuk memperjualbelikan air dari sumur Raumah.

Mendengar itu, Utsman bin Affan ingin membebaskan sumur Raumah dari pemiliknya. Ia membeli sumur tersebut dengan harga yang tinggi. Namun, pemilik sumur enggan menjualnya, sampai akhirnya Utsman menawarkan kesepakatan lain dimana ia membeli setengah dari sumur itu. Pemilik sumur menerimanya dan menganggap akan mendapat untung dua kali lipat.

Akhirnya, kesepakatan didapat dengan aturan kepemilikan sumur secara bergantian. Satu hari dimiliki Utsman dan satu hari berikutnya oleh Yahudi.

Saat tiba giliran Utsman, ia meminta seluruh penduduk Madinah untuk mengambil air secara gratis dari Raumah dan mengambil dengan ukuran yang mencukupi kebutuhan hingga dua hari. Hal itu dilakukan agar masyarakat tak perlu membeli air keesokannya pada Yahudi karena akan berganti pemilik.

Akhirnya, Yahudi tersebut meminta Utsman untuk membeli separuh lagi sumur miliknya dengan harga yang sama saat pembelian pertama yakni 20.000 dirham.

Sumur Raumah pun menjadi milik Utsman bin Affan sepenuhnya dan diwakafkan untuk kepentingan para penduduk. Subhanallah. (Yurike)

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini