Memoar Kris Biantoro, Veteran Papua Barat yang Pernah Jualan Roti

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Banyak orang yang tak mengetahui bahwa pertempuran pejuang Indonesia dalam merebut Irian Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi, tak lepas dari peran seorang penyanyi kondang, Kris Biantoro. Lelaki bernama lengkap Christoporus Soebiantoro itu pernah dikirim ke Irian Barat selama enam bulan.

Ketika itu Kris diutus bersama kawan-kawan kampusnya, Universitas Atmajaya. Setelah Irian Barat yang sekarang bernama Papua kembali ke NKRI, pria kelahiran 16 Maret 1938 diminta menjadi staf kedutaan besar Indonesia di Australia pada 1964 sampai 1971.

Di masa itulah Kris pun jatuh hati dengan seorang wanita asal Vietnam, Maria Nguyen Kim Dung. Keduanya kemudian menikah.

Setelah tak lagi menjadi staf KBRI, Kris merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, dari uang pensiunannya. Buat menambah pemasukan, dia memilih berjualan roti di negeri kanguru itu.

Kemudian Kris memilih pulang ke tanah air, dan melanjutkan karir di dunia seni. Alhasil, karir pria asal Magelang ini menanjanka dan dikenal sebagai pembawa acara, aktor, dan penyanyi pada 1970-an.

Kris bersama istri memilih tinggal di Cibubur, Jakarta Timur. Pada 1972, dia didiagnosa mengindap penyakit ginjal. Setelah tenar menjadi pembawa acara di acara kuis ‘Silahkan Terka’ di stasiun televisi TVRI, Kris memilih vakum dari dunia hiburan dan menikmati hidup bersama keluarga.

Tepat pada 13 Agustus 2013, Kris Biantoro mengembuskan napas terakhirnya di kediamannya. Dia meninggalkan dua anak, yaitu Invianto dan Ceasefiarto.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini