Joe Elliot/Def Leppard (AP)
Joe Elliot/Def Leppard (AP)

MATA INDONESIA, LONDON – Tak ada yang menyangka, Joseph Thomas Elliott Jr atau lebih dikenal dengan nama Joe Elliot, buruh pabrik di kota Sheffield, Inggris akan menjadi seorang superstar. Bersama bandnya Def Leppard, Joe Elliot tak hanya dikenal di Inggris, tapi di seluruh dunia.

Gara-gara terlambat kerja pada pertengahan November 1977, ia terpaksa menunggu bis di sebuah halte. Joe Elliot yang lahir pada 1 Agustus 1959 ini tak sengaja bertemu kawan lamanya Pete Willis. Berawal dari obrolan soal musik, Pete Willis kemudian menawari Elliot untuk bergabung dengan bandnya, Atomic Mass.

Ternyata, Joe Elliot lah yang berambisi untuk mengembangkan band ini. Ia menjadikan rumahnya sebagai tempat berkumpul. Elliot yang hobi menggambar memperlihatkan sebuah gambar singa yang dibuatnya. Ia mengusulkan kepada Willis untuk mengganti nama Atomic Mass menjadi Deaf Leopard. Namun nama itu kemudian diubah menjadi Def Leppard. Alasan perubahan itu sederhana, Elliot tak ingin nama band nya sama dengan komunitas punk.

Di kamar Elliot ini, bersama kawan-kawannya  menghabiskan waktu berjam-jam berbicara dan mendengarkan lagu yang dibuat Elliot.

Elliot memang berbakat soal musik. Selain bisa bernyanyi, Elliot mahir bermain gitar, drum, piano hingga kibor. Sebagai penulis lagu, Elliott menggunakan selera musiknya yang beragam mulai dari pop-rock hingga folk sebagai sumber inspirasi. Dia pun menulis lirik seperti apa yang ia baca dan dengar. ”Saya tak mau menulis lagu berdasarkan pengalaman pribadi,” kenang Elliot seperti dikutip dalam buku Def Leppard: The Definitive Visual History (2011).

Personel awal Def Leppard, Pete Willis (depan) dan Joe Elliot (kanan)
Personel awal Def Leppard, Pete Willis (depan) dan Joe Elliot (kanan)

Band ini kemudian berkembang dan menjadi besar di Inggris. Sayangnya, Elliot lebih mendominasi band ini dibandingkan Pete Willis. Tahun 1981, ia memecat Willis karena sering mabuk saat tampil di panggung. Tak hanya itu, Elliot juga memecat manajernya Pate Martin karena alasan sepele, terlibat pertengkaran dengan dia.

Dibalik sifat arogan Joe Elliot, ia ternyata loyal dan setia kawan kepada personelnya. Saat drummer Def Leppard, Rick Allen kecelakaan sehingga ia harus diamputasi lengannya, Elliot tetap mempertahankannya sebagai drummer. Elliot juga mengusulkan kepada Rick Allen untuk memodifikasi drum supaya bisa digunakan hanya dengan satu tangan.

Bagi Elliot, Def Leppard adalah keluarganya. Ia bapak dari para personel lainnya. Semua personel Def Leppard tunduk kepada Elliot.

Elliot tak hanya piawai dalam menulis lirik dan membuat lagu. Saat dua album Def Leppard, On Through the Night, dan High ‘n’ Dry kurang begitu meledak, Elliot memaksa membuat video musik untuk lagu ‘Bringin On the Heartbreak’ untuk ditayangkan di MTV. Video ini menjadi salah satu video musik rock Heavy Metal pertama yang diputar di MTV pada tahun 1982.

Band ini terus menggunakan industri televisi musik yang sedang naik daun untuk menjangkau penggemar selama bertahun-tahun dengan video-video yang menarik. Sejak itulah, band-band rock berlomba-lomba membuat video klip untuk ditayangkan di MTV.

Strategi yang dibuat Elliot terbukti. Setelah video musiknya tayang di MTV, album ketiga Def Leppard, Pyromania yang dirilis pada 20 Januari 1983 laris manis dan hampir menyamai album laris Michael Jackson saat itu Thriller. Album ini berhasil terjual 10 juta kopi di AS,

Kesuksesan Def Leppard kemudian bertambah ketika album keempat, Hysteria yang dirilis pada 1987, menduduki puncak tangga lagu Inggris dan AS. Pada 2009, album ini telah melampaui kesuksesan Pyromania dengan 12 kali platinum karena terjual sebanyak 25 juta kopi di seluruh dunia.

Sebagai salah satu artis musik terlaris di dunia, Joe Elliot bersama Def Leppard telah menjual lebih dari 100 juta rekaman di seluruh dunia, memiliki dua album dengan sertifikasi berlian karena saking larisnya. Band ini adalah satu dari lima band rock dengan dua album yang menjual lebih dari sepuluh juta kopi di AS.

Kini, di usianya yang sudah di angka 61 tahun, Elliot tinggal di kastil istana yang megah di Stepaside, Dublin, Irlandia. Ia memiliki studio rekaman bernama Joe’s Garage. Sebagai seorang yang lahir di Sheffield, Elliot masih menjadi penggemar klub sepakbola Sheffield United.

Pernikahan pertama Elliott adalah dengan Karla Ramdhani pada tahun 1989; mereka bercerai pada tahun 1996. Elliott kemudian bertemu dengan Kristine Wunschel pada tahun 2003 ketika bekerja sebagai kru untuk tur album X. Mereka menikah pada 1 September 2004. Anak pertama mereka, Finlay, lahir pada bulan Desember 2009 dan anak kedua Lyla, lahir Juli 2016.

Ellio masih energik. Usia tua bukan berarti ia berhenti berkarya. Elliot dan Def Leppard tetap menjadi salah satu band tur paling populer saat ini.  Mereka sebagian besar tampil di luar AS tahun ini, kecuali untuk residency mereka di Las Vegas, di mana mereka membawakan lagu-lagu yang sangat jarang ditampilkan seperti “Die Hard the Hunter” dari album Pyromania (1983) dan “Have You Ever Needed Someone So Bad” dari album Adrenalize (1992)

Selain sedang merilis album terbaru Def Leppard, Elliot sebenarnya sedang merancang tur bersama Motley Crue dan Poison ke seluruh dunia. Sayangnya masa Pandemi Covid-19 ini memaksa Def Leppard  untuk menunda tur termasuk album barunya itu. Lets Get Rocked Elliot!

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here