Kung…Kung…Ini Dia Si Big Boy Kereta Uap Terbesar di Dunia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kepulan asap menyelimuti langit Amerika Serikat (AS) bagian tengah. Ternyata asap itu menyembul dari sebuah lokomotif uap terbesar di dunia milik perusahaan Union Pacific (UP) yang biasa dipanggil dengan sebutan “Big Boy” (Bocah Besar).

Kereta itu tersebut kembali berjalan setelah enam dekade atau 60 tahun tidak beroperasi. Untuk pertama kalinya kereta uap ini dengan tenaganya sendiri meninggalkan Wisconsin pada Jumat 26 Juli 2019 menuju perhentian sore di Chicago Barat.

Kereta Big Boy melakukan perjalanan melintasi Midwest untuk menandai peringatan 150 tahun pembangunan Transcontinental Railroad pada tahun 1869. Hanya 25 dari mesin Big Boy yang dirakit, pada awal 1940-an. Lokomotif yang beroperasi ini merupakan sisa satu-satunya di dunia.

Pada zaman dulu kereta Big Boy digunakan untuk mengangkut barang melalui Pegunungan Wasatch di timur laut Utah, dikutip dari majalah Trains. Setelah beroperasi lebih dari 1 juta mil di jalur kereta api Barat, mesin No. 4014 dipensiunkan pada tahun 1961 dan diberikan kepada Railway and Locomotive Historical Society di California Selatan.

Insinyur Union Pacific telah melakukan pekerjaan restorasi pada 4014 selama dua tahun terakhir di Cheyenne, Wyoming. Mesin uap tiba pada Selasa 23 Juli 2019 di Altoona, Wisconsin, sekitar 90 mil sebelah timur Minneapolis. Ribuan orang berkumpul untuk melihat pemandangan bersejarah itu.

“Ini semacam pengalaman emosional bagi kami, karena orang-orang sangat senang melihat lokomotif,” Ed Dickens, yang memimpin operasi peninggalan Union Pacific, mengatakan kepada afiliasi CNN, WEAU.

Jadwal dari Union Pacific mengatakan Big Boy akan tiba di Chicago Barat untuk acara-acara sepanjang akhir pekan.  Kemudian menuju ke barat ke Rochelle, Illinois, pada Selasa 30 Juli 2019 pagi dan akan melintasi Iowa, dengan berhenti di Cedar Rapids dan Des Moines.

Pada tanggal 2 Agustus, kereta akan berada di Omaha, Nebraska, selama akhir pekan. Lalu ia akan kembali ke Union Pacific Steam Shop di Cheyenne pada 8 Agustus. Union Pacific bakal mengunggah jadwal melintas lokomotif uap terbesar di dunia itu melalui akun Twitter resminya.

Diketahui, 4014 berhasil diuji pembakaran pada 9 April 2019, dan pada 1 Mei, ia akhirnya bergerak di bawah kekuatannya sendiri untuk pertama kalinya dalam 60 tahun.

Perjalanan tamasya 4014 yang pertama dimulai pada Mei 2019 selama “The Great Race to Ogden”. Setelah upacara pembaptisan pukul 9:30 pagi pada tanggal 4 Mei di Cheyenne Depot yang bersejarah, lokomotif berangkat dengan 844 menuju Ogden, Utah, membuat beberapa perhentian singkat di komunitas-komunitas di sepanjang jalan.

Kedua lokomotif diharapkan tiba di Ogden pada 9 Mei, di mana mereka berdua akan berpartisipasi dalam acara yang disiarkan langsung pada pukul 10:30 pagi (Waktu Gunung GMT-7) di halaman Facebook Union Pacific. Setelah acara berakhir, kedua lokomotif akan melakukan perjalanan kembali ke Cheyenne.

UP juga berencana untuk menjalankan 4014 sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke 150 dari penyelesaian kereta api antar benua pertama, yaitu perjalanan satu arah pada 10 Mei 2019, menarik beberapa kereta penumpang armada heritage milik UP untuk memberi keuntungan pada museum kereta api di Stasiun Union Ogden.

Beroperasi kembalinya lokomotif Big Boy juga sekaligus telah menggantikan posisi lokomotif Challenger 3985, juga milik UP, sebagai lokomotif uap terbesar di dunia yang masih beroperasi. Selanjutnya 4014 akan sering melakukan perjalanan tamasya uap. 4014 akan menggantikan 3985 yang akan diperbaiki selama 2-3 tahun tahun sejak 2019 hingga 2021 atau 2022

 

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini