Sanjay Dutt (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selamat ulang tahun, Sanjay Dutt! Buat penggemar Bollywood pasti tahu aktor senior yang satu ini. Pada tahun 1991, Dutt muncul dalam film drama percintaan Lawrence D’Souza Saajan (1991), bersama Madhuri Dixit dan Salman Khan.

Tepat hari ini, Rabu 29 Juli 2020, Sanjay Dutt berulang tahun yang ke-61! Tahun ini, Sanjay Dutt merayakan hari ulang tahunnya di Mumbai, jauh dari istri dan anak-anaknya, yang berada di Dubai.

Sanjay Dutt, yang lahir pada 29 Juli 1959, adalah anak tertua dari aktor Sunil dan Nargis Dutt. Sosok Sanjay Dutt cukup kontroversial ia pernah menjadi terdakwa “teroris dan kejahatan berat”.

Dutt didakwa ada kaitanya dengan kerusuhan sektarian dan pengemboman yang terjadi pada 1993. Sejumlah skuter dan mobil yang diiisi dengan RDX dan detonator meledak. Sebanyak 257 orang terbunuh dan 700 orang lainnya luka-luka hanya dalam satu hari.

Serangan ini dikoordinir oleh Dawood Ibrahim, seorang don pemimpin sindikat kejahatan terorganisir bernama D-Company. Dutt didakwa memperoleh persenjataan dari Dawood Ibrahim yang diselundupkan ke komunitas Muslim di Bombay (kini berubah menjadi Mumbai) untuk melindungi kaum Muslimin setelah kerusuhan dan pengeboman sektarian di pusat kota perfilman India itu.

Meski sosoknya kontroversial, Sanjay Dutt dikenal sebagai sosok yang selalu mengutamakan keluarga. Sanjay sering berbicara tentang pentingnya keluarga dalam hidupnya.

Menurut Sanjay Dutt, almarhum ayahnya, aktor Sunil Dutt adalah pilar kekuatannya. Selain itu, sejak dirilisnya film biografi ‘Sanju’, semua orang tahu apa arti ibu, almarhum aktris Nargis, baginya.

Film ‘Sanju’ adalah gambaran dari kisah hidupnya mulai dari terpuruk karena narkoba, penjara dan dituding teroris diangkat ke layar lebar lewat film. Film tersebut diperankan Ranbir Kapoor.

Dilansir Hindustan Times, Rabu 29 Juli 2020, Nargis meninggal pada 3 Mei 1981 karena kanker tepat sebelum rilis film Sanjay, Rocky. Ddalam Sanjay Dutt: The Crazy Untold Story of Bad Boy Bollywood, penulis Yasser Usman menulis bahwa Sanjay tidak menangis selama tiga tahun setelah kematian ibunya itu.

“Sanjay tidak menangis ketika ibunya meninggal. Sudah tiga tahun sejak Nargis meninggal, tetapi luka Sanjay masih bernanah,” tulis Usman.

Setelah 3 tahun kematian sang bunda, Sanjay kemudian menerima surat-surat lama dari ibunya yang akhirnya membuatnya menangis. Air matanya tak tertahankan melihat setiap kalimat yang tertuang dari surat tersebut.

“Lebih dari segalanya, Sanju Pertahankan kerendahan hatimu. Pertahankan karaktermu. Jangan pernah pamer. Selalu rendah hati dan selalu hormati para orangtua. Itu adalah hal yang akan membuatmu awet. Dan itu akan memberimu kekuatan dalam pekerjaanmu,” kata Nargis dalam surat-surat itu.

“Aku menangis dan menangis dan menangis. Aku menangis terus menerus selama empat hari … Aku pikir sampai saat itu aku belum berduka untuknya ketika dia meninggal. Jadi suaranya dan kaset-kaset itu mengubah segalanya dalam hidupku,” kata Sanjay dalam buku.

Setelah ibunya meninggal, sang ayah menjadi sumber kekuatannya. Namun, pada tahun 2005 sang ayah meninggal karena serangan jantung.

Pada ulang tahun kelahiran Sunil Dutt dua tahun lalu, Sanjay mengatakan, “Untuk pilar kekuatanku, selamat ulang tahun, Ayah. Kau mungkin tidak di sini, tetapi aku merasakan kehadiranmu dalam setiap napas yang kuambil. Aku menghargai waktu yang kita miliki dan berusaha keras untuk menyerap ajaranmu. Kami merindukanmu.”

Tak hanya orangtuanya, Sanjay Dutt juga dikenal sayang anak-anaknya. Ia bahkan berbohong kepada anak kembar Sanjay Dutt, Iqra dan Shahraan saat dirinya dipenjara. Kepada anak-anaknya, Sanjay Dutt bilang kalau dia sedang syuting di pegunungan.

“Saya mengatakan kepada mereka bahwa saya syuting di pegunungan. Saya harus mengatakan itu karena mereka pintar. Mereka akan berkata, ‘Telepon ayah.’ Jadi saya biasa mengirimi mereka surat. Untungnya, saya punya jatah dua panggilan telepon sebulan. Saya akan menelepon mereka. Mereka akan bertanya seberapa besar gunung itu, dan saya akan berkata, “Dibutuhkan dua hari untuk datang dan pergi.” Saya bersyukur bahwa saya dipenjara ketika mereka masih kecil. Mereka tidak dapat memahami apa yang terjadi,” kata Sanjay dalam interview tahun 2016.

Diketahui, Sanjay dan istrinya yang sekarang, Maanayata menikah pada tahun 2008 dan menyambut anak-anak mereka pada tahun 2010. Maanayata memiliki selisih usia 19 tahun dengan Sanjay Dutt, ia selalu melindungi suaminya yang banyak dibenci orang.

Dia sebelumnya menikah dengan Richa Sharma dan punya anak perempuan bernama Trishala. Richa meninggal karena tumor otak tahun 1996. Sanjay juga pernah menikah dengan Rhea Pillai pada Februari 1998 dan bercerai 2008.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here